Berita

Pengguna Domain Indonesia Sentuh angka 103.000


JAKARTA, alumniITS: Selama ini domain lokal selalu menjadi pilihan kedua setelah domain .com . Pemilik website cenderung memilih domain berekstensi .com yang memiliki server di amerika ketimbang menggunakan domain lokal .id . Alasannya, domain .com dinilai lebih menjual karena laku di pasaran dan lebih familiar di mata semua negara.

Namun, anggapan tersebut tahun ini agaknya sudah mulai hilang. Pasalnya PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) mencatat ada kenaikan sebesar 62,5% pemesanan domain yang berekstensi .id selama tahun 2012 kemarin .

Dengan kenaikan sebesar 62,5% tersebut total keseluruhan pengguna domain .id mencapai 103.882 pengguna. Sedangkan domain yang paling banyak dipesan adalah domain berekstensi web.id dan .co.id masing masing sebanyak 40.000 domain. Ditargetkan pula tahun 2013 nanti ada sekitar 300.000 domain lokal yang terdaftar
 
Dari peningkatan tersebut, diperoleh gambaran bahwa sanya mind set pemilik website sudah bergeser. Kalau dulu domain .id hanya digunakan oleh instansi dan perusahaan besar kini , banyak pengguna perorangan yang sudah mulai memakainya.

Hal itu,  tak lepas dari keamanan domain .id yang dinilai lebih aman dibanding domain luar negeri, karena harus melampirkan scan dokumen pribadi baik KTP atau SIUP ketika mendaftar.

Selain itu, harga yang ditawarkan juga jauh lebih murah sekitar Rp. 100.000/tahun untuk yang paling mahal, dan Rp. 50.000/tahun untuk domain paling murah. (endy – [email protected])