Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Pabrik Semen di Aceh Tampung 1.000 Pekerja

PIDIE ACEH, alumniITS.com – Investasi pabrik semen di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh diperkirakan akan menampung sebanyak 1.000 pekerja selama masa rekonstruksi pembangunan pabrik tersebut.

“Kami perkirakan selama tiga tahun masa rekonstruksi pabrik semen yang direncanakan dibangun di Kabupaten Pidie akan menampung seribuan pekerja dari daerah tersebut khususnya dan Aceh umumnya,” kata Direktur Komersil PT Samana Citra Agung Andaman Ibrahim di Banda Aceh, Rabu (24/4/2013).

Ia menjelaskan, PT Samana Citra Agung yang merupakan salah satu perusahaan swasta sedang menjajaki investasi pembangunan pabrik semen yang direncanakan akan dibangun perusahaan Semen Indonesia.

“PT Samana Citra Agung merupakan penyedia lokasi pembangunan pabrik dan lahan baku sedangkan PT Semen Indonesia perusahaan BUMN menjadi investor yang akan membangun sarana dan prasarana pendukung,” katanya.

Disebutkan, pihaknya memiliki areal untuk pembangunan pabrik, pelabuhan dan kawasan bahan baku industri seluas 1.558 hektare tersebar di dua kecamatan di Kabupaten Pidie.

Ia mengatakan, pengurusan berbagai administrasi pembangunan pabrik semen itu diperkirakan akan tuntas 2013 dan akan dilanjutkan pembangunannya dan pada 2016-2017 perusahaan akan beroperasi.

“Untuk rekonstruksi pabrik semen membutuhkan sebanyak seribuan tenaga kerja dan saat beroperasi normal membutuhkan sekitar 400 pekerja,” katanya.

Pihaknya akan bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan pembangunan perusahaan semen itu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di masa mendatang.

PT Samana Citra Agung juga telah bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Selasa (23/4) memaparkan rencana pembangunan pabrik semen di kawasan Pidie tersebut.

“Kami sangat mendukung berbagai pihak yang ingin berinvestasi di Aceh dan kami akan mempelajari keinginan pembangunan pabrik semen di Kabupaten Pidie agar nantinya tidak menimbulkan permasalahan kemudian hari,” kata Zaini seperti dilansir laman antara. ([email protected])