Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Opera Hadirkan Opera Mobile 12.1 for Android

SAN FRANCISCO, alumniITS:

Opera baru saja menghadirkan browser terbaru untuk perangkat Android bernama Opera Mobile 12.1. Dengan kehadiran browser ini, Opera menjanjikan kecepatan, keamanan, dan efisiensi dalam berselancar di dunia maya bagi pengguna ponsel dan tablet berbasis Android.

Berbeda dengan Opera Mini yang memiliki fitur lebih terbatas, Opera Mobile 12.1 sudah mendukung sejumlah fitur layaknya browser untuk perangkat desktop. Opera teranyar ini memberikan  pengalaman berinternet lebih kaya fitur dari Opera Mobile terbaru.

Dilansir oleh TheNextWeb, Jumat (12/10) salah satu standar browser desktop yang kini bisa dirasakan pula di Opera Mobile 12.1 yaitu dukungan SPDY. SPDY merupakan protokol jaringan yang diajukan pihak Google yang hampir sama seperti protokol HTTP, namun diklaim lebih cepat karena terfokus utama bagi mobile internet.

Standar baru lainnya yakni WebSockets, cara memperkaya konten web. Dengan WebSockets, Opera Mobile akan mendapatkan akses teratas ke server web, memperbaiki komunikasi dua arah antara perangkat pengguna dan server web untuk aplikasi.

Selain itu, Opera Mobile 12.1 juga mendukung fitur animasi CSS dan Flexbox terbaru serta fitur HTML5 seperti Drag-and-Drop dan Clipboard API.

Opera Mobile 12.1 juga mempunyai mode Turbo yang merupakan teknologi melakukan kompresi data saat koneksi internet sedang melambat.

Browser mobil terbaru dari Opera ini siap dijalankan di perangkat Android berbasis ARM v5 dan v7, MIPS, dan x86 serta sudah tersedia di Google Play Store secara gratis. (ndy)