Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

OPEC: Harga Minyak Dunia Aman

PARIS, alumniITS.com – Organisasi negara pengekspor minyak atau OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) mengaku harga minyak saat ini sudah di level yang nyaman baik untuk produsen maupun konsumen.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal OPEC Abdullah El-Badri pada pertemuan dengan pelaku industri minyak di Paris seperti dilansir AFP dari Alarabiya, Jumat (5/4).

Dengan kondisi harga minyak dunia saat ini, menurut El-Badri, OPEC tidak berusaha untuk membawa harga minyak lebih tinggi lagi melalui proses kartel.

“Kami tidak mendukung harga minyak yang lebih tinggi, kami mendukung harga minyak yang wajar bagi kita semua untuk berinvestasi, agar produsen maupun konsumen dapat hidup bersama,” kata El-Badri.

“Harga seperti yang sekarang ini nyaman baik untuk produsen maupun konsumen,” tambahnya.

Harga minyak pada dua kontrak utama di pasar minyak yakni Brent dan WTI memang relatif stabil dalam beberapa waktu belakangan ini.

Harga minyak di pasar London untuk jenis Brent pengiriman Mei pada penutupan Kamis (4/4/2013) ada di level US$ 106,34 per barel. Sedangkan harga minyak jenis light di West Texas Intermediate (WTI) untuk transaksi Mei berada di level US$ 94,39 per barel.

Menurut El-Badri, OPEC sebenarnya lebih menyukai harga yang stabil tidak terlalu tinggi atau rendah. “Kami benar-benar membutuhkan harga yang wajar, kami tidak menginginkan harga yang ekstrem, terlalu rendah atau terlalu tinggi,” ujar El-Badri.

Komentar El-Badri ini, senada dengan yang diungkapkan Menteri Perminyakan Arab saudi yang mengatakan harga minyak US$ 100 per barel adalah harga yang paling masuk akal.

OPEC menyumbang 35 persen untuk pasokan minyak global yang didukung oleh 12 negara anggotanya. Ke-12 negara anggota OPEC adalah: Aljazair, Angola, Ekuador, Iran, Irak, Kuwait, Libya, Nigeria, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Venezuela. ([email protected])