Berita

New Harley-Davidson Sportster Pakai Mesin 500cc V-Twin


NEW DELHI – alumniITS: Harley-Davidson serius bermain di segmen mesin menegah di bawah 1.000cc. Di pasar automotif India, Harley akan mulai menelurkan varian bermesin kecil tersebut.
 
Saat pertama kali menyentuh pasar India, pabrikan asal Amerika Serikat itu langsung memutuskan membuka fasilitas pabrik perakitan. Melihat perkembangan industri roda dua, HD pun mau tak mau mengikuti tren yang ada.
 
Awalnya, varian dengan mesin V-Twin terkecil adalah sportsters dengan kapasitas mesin 883cc. Kini, HD akan menambahnya dengan motor bermesin 500cc. Rencananya, motor 500cc ini akan diluncurkan pada 2014 mendatang, pada ajang Indian Auto Expo, Februari 2014.
 
Seperti dikutip IndianCarsBikes, HD made in India ini tetap menggunakan mesin V-Twin dengan kapasitas mesin 500cc. HD juga akan menggunakan komponen lokal, untuk mengejar harga jual yang ada di kisaran 300.000 sampai 400.000 Rupee atau Rp Rp53,1 jutaan sampai Rp70,8 jutaan.
 
Model ini ditujukan buat konsumen India dan juga beberapa pasar negara di Asia. Belum diketahui apakah motor 500cc ini juga akan dijual di Amerika Serikat dan Eropa.
 
Model New Harley-Davidson ini memiliki mesin yang mirip dengan Royal Enfield Thunderbird 500. Royal Enfield Classic menggunakan mesin 499cc, dua busi, satu silinder namun bukan model V-Twin. (endy – [email protected])