Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

NCKU Bagi Info Beasiswa di ITS

SURABAYA, alumniITS:
National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan kembali melakukan lawatan ke kampus perjuangan ITS di Surabaya. Kunjungan sebagai ajang diskusi ini, untuk kembali mengadakan kerjasama di bidang lainnya pada masa mendatang. Kegiatan sosialisasi pun turut digelar sebagai media informasi kepada sivitas akademika ITS, Kamis (1/10).
   
Ada tiga hal yang dipaparkan dalam kunjungan ini, yakni, informasi beasiswa, program studi yang ditawarkan, dan kegiatan kemahasiswaan. Untuk mempermudah, presentasi pun dibuat seefektif mungkin dengan membagi para peserta ke dalam empat kelompok.

Masing-masing kelompok umumnya dibagi berdasarkan program studi Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Perencanaan Wilayah Kota. Tak sendiri, mereka juga didampingi oleh empat profesor dari NCKU sebagai presentator di tiap kelompok. Mereka adalah Prof Ruei-Shiang Liou, Prof Jiin-Yuh Jang, Prof Wei-Cheng Lo, dan Prof Shiann-Far Kung.

NCKU menjelaskan beberapa jenis beasiswa yang bisa didapat para calon mahasiswa. Di antaranya, beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) dan NCKU. Lebih lanjut, NCKU turut menyediakan pendidikan bahasa mandarin secara gratis bagi para mahasiswa internasionalnya.

Selain itu, terdapat sembilan fakultas yang dinaungi kampus Asia Timur ini. ”Untuk ITS sendiri kami menawarkan kerjasama dengan fakultas teknik, Teknik Elektro, Ilmu Komputer, dan fakultas manajemen,” ujar Shirley Liang, Koordinator Divisi International Student Affairs NCKU seperti dikutip ITS.ac.id

Banyaknya variasi kegiatan mahasiswa internasional juga bakal menjadi daya tarik tersendiri dari kampus ini. Tak heran, atmosfer internasional pun sangat terasa di sana. Karena mulai dari festival makanan internasional hingga eksibisi khas berbagai negara selalu hadir setiap tahunnya. ”Boleh dikatakan Kota Tainan itu seperti international point di Taiwan,” pungkas Hady Suwigyo, alumni NCKU asal Indonesia.  (endy – [email protected])