Berita

NASA Berencana Kirimkan Kembaran Curiosity ke Mars


LOS ANGELES, alumniITS:
Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan rencana untuk mengirimkan kendaraan penjelajah ke Mars pada 2020. Kendaraan penjelajah itu akan dibuat sama persis dengan Curiosity.

Untuk menekan biaya, ilmuwan NASA akan menggunakan cetak biru Curiosity, mendaur ulang bahan baku dan teknologi yang digunakan di kendaraan penjelajah yang tengah menjalani misi di Mars sejak Agustus tersebut.

Seperti Curiosity, misi ke Mars pada 2020 itu akan dipimpin oleh Jet Propulsion Laboratory. Namun, detail lain akan diungkapkan kemudian seperti dimana kendaraan penjelajah baru itu akan mendarat dan peralatan apa saja yang akan dibawanya.

Kepala Ilmuwan NASa John Grunsfeld berharap kendaraan penjelajah generasi kedua itu diharapkan akan bisa memimpin misi untuk membawa pulang tanah dan batuan Mars ke bumi. Misi itu dipandang sebagai kunci untuk mempelajari kehidupan di planet keempat matahari itu. Curiosity tidak memiliki kemampuan untuk membawa pulang tanah dan bebatuan dari Mars.

Gedung Putih telah memberikan target kepada NASA untuk mengirimkan astronaut mengelilingi Mars pada 2030 disusul dengan mendaratkan manusia ke planet merah itu, demikian laporan AP, Kamis (6/12). . (endy – [email protected])