Berita

Mobil Hybrid Gunakan Bateri Daur Ulang


TOKYO, alumniITS – Honda Motor Co, Ltd, pabrikan mobil Jepang berhasil menemukan cara dalam mendaur ulang logam dari baterai yang digunakan mobil hybrid.  Honda menemukan cara mendaur ulang logam langka yang diambil dari baterai nikel-metal mobil hybrid yang telah terpakai.

Logam langka tersebut kemudian dapat digunakan kembali dalam produksi baterai nikel-metal yang baru, sehingga berkontribusi terhadap penghematan sumber daya alam yang bernilai tinggi.

Dilansir WorldHonda, proses ekstraksi logam langka yang dilakukan di pabrik Japan Logam & Chemicals Co, Ltd (JMC), merupakan pertama kali dilakukan di dunia.

Proses tersebut dilakukan dengan menambahkan elektrolisis garam cair pada proses oksidasi untuk mengekstraksi material logam, yang kemudian dapat langsung digunakan sebagai elektroda negatif pada baterai nikel-metal baru.

Materi Logam yang diekstraksi dalam proses ini memiliki tingkat kemurnian lebih dari 99%, atau sama dengan materi baru ditambang dari dalam tanah.

Selain itu, proses baru ini memungkinkan ekstraksi di atas 80% dari logam yang terkandung dalam baterai nikel-metal. Logam yang diekstrak tersebut kemudian akan dipasok dari JMC ke produsen baterai, sebagai bahan baku untuk produksi baterai baru.

Untuk saat ini, proses ekstrasi logam diambil dari 386 baterai kendaraan hybrid Honda yang tidak dapat dipasarkan lagi akibat gempa besar yang melanda Jepang bagian Timur.

Setelah volume mencukupi, Honda akan segera mulai menerapkan proses yang sama dan mendaur ulang ekstrak logam langka dari baterai-baterai mobil hybrid bekas yang dikumpulkan oleh dealer Honda saat konsumen melakukan penggantian baterai.

Usaha daur ulang yang dilakukan oleh salah satu raksasa otomotif Jepang ini tidak hanya melalui penggunaan kembali logam langka dari baterai nikel-metal hybrid, tetapi juga dari berbagai suku cadang yang telah digunakan.

Disebutkan bahwa Honda akan tetap berkomitmen mengurangi pencemaran lingkungan dari mobilitas masyarakat secara keseluruhan dengan mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar termasuk kendaraan hybrid, dan juga dengan memperkuat jaringan yang mengarah pada penggunaan kembali dan daur ulang produk Honda. ([email protected])