Berita

Mendesak Pengelolaan Limbah Rumah Sakit Menuju Green Hospital


JAKARTA, alumniITS:
Peneliti dan Perekayasa Pusat Teknologi Lingkungan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Dr. Ir. Rudi Nugroho, M.Eng,
menilai tuntutan kepada rumah sakit bukanlah semata-mata hanya pelayanan kesehatan yang memadai, namun juga kenyamanan dan kepuasan dari konsumen agar supaya dapat bersaing dengan dunia luar.

”Untuk itu semangat Rumah Sakit Daerah di Indonesia menuju Green Hospital perlu kita dukung bersama-sama,” paparnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (6/12).

Dikatakan dampak kerusakan lingkungan dan ekosistem global seperti peningkatan suhu (global warming) dan efek rumah kaca, banjir tahunan, gempa, dan lainnya, semakin menyadarkan manusia untuk lebih memerhatikan lingkungan dan keseimbangan ekosistem di muka bumi ini.

Konsep ramah lingkungan yang salah satunya diwujudkan dalam Rumah Sakit Hijau (Green Hospital) yang menganut unsur efisiensi energi, penggunaan air dan pengelolaan limbah merupakan upaya yang tepat guna meminimalisir dampak dari global warming, jelasnya.

Menurutnya, permasalahan penurunan kualitas lingkungan di Indonesia belakangan ini juga semakin meningkat, dan hal ini telah membuka mata masyarakat untuk dapat lebih peduli dan berperilaku ramah lingkungan, dalam hal ini adalah pelayanan kesehatan.

Green Hospital adalah jawaban dari sebuah tuntutan masyarakat kita dalam pelayanan kesehatan yang ramah lingkungan yang menjamin pengguna tidak menerima akibat negatif dari kegiatan pelayanannya, tegas Rudi.

Desakan penerapan Green Hospital di Indonesia ini perlu dilakukan untuk mengurangi masyarakat yang selama ini lebih suka menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan di luar negeri.

Diakuinya,  sebagian besar Rumah Sakit berupaya untuk memperbaiki mutu pelayanan dan fasilitas rumah sakit menuju green hospital, namun kendala kendala seperti kebijakan, dukungan teknologi pengelolaan limbah masih sangat kurang. “Karena itu mereka sangat berharap BPPT dapat berperan langsung dalam mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan di Rumah Sakit guna terciptanya Green Hospital,” ungkapnya.

BPPT mempunyai produk teknologi lingkungan yang dihasilkan dari ketiga bidang yang ada di dalamnya. Bidang Pertama, Bidang Teknologi Pengendalian Pencemaran Lingkungan menghasilkan produk teknologi yang dapat diaplikasikan untuk menangani air, limbah dan sampah.

Bidang Kedua, Bidang Teknologi Konservasi dan Perlindungan Kualitas Lingkungan mempunyai produk teknologi penyerapan emisi karbon untuk mengurangi efek perubahan iklim global, sedangkan Bidang ketiga yakni Bidang Tata Kelola Lingkungan mempunyai produk berupa konsep Green City yang merupakan konsep makro untuk suatu daerah dalam mewujudkan penataan kota yang ramah

lingkungan. “Dengan penerapan produk-produk teknologi lingkungan ini diharapkan dapat mendukung suatu rumah sakit menuju Green Hospital yang berkelas dunia,” ungkap Rudi. (endy – [email protected])