Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Main Game Tingkatkan Kemampuan Berpikir Otak


LONDON, alumniITS.com – Kabar baik bagi para maniak game. Penelitian mengungkapkan, video game mampu meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir strategis.

Namun ini tidak berlaku bagi semua jenis video game, hanya beberapa yang mampu membantu melatih otak untuk lebih lincah dan meningkatkan kemampuan berpikir strategis.

Para ilmuwan dari Queen Mary University of London dan University College London melibatkan 72 relawan perempuan dan diukur fleksibilitas kognitif, kemampuan seseorang untuk beradaptasi dan beralih di antara tugas dan berpikir tentang beberapa ide pada waktu tertentu untuk memecahkan masalah.

Dua kelompok dilatih memainkan permainan strategi cepat atau ‘StarCraft”. Tiap pemain harus membangun dan mengatur tentara untuk memerangi musuh.

Sepertiganya dilatih untuk main The Sims,yang tidak memerlukan banyak memori atau banyak keterampilan taktis.

Semua relawan memainkan video game selama 40 jam dalam kurun waktu enam-delapan minggu dan mengalami berbagai tes psikologis sebelum dan sesudahnya.

Hasilnya mereka yang memainkan game StarCraft lebih cepat dan lebih akurat dalam menjalankan tugas fleksibilitas kognitif daripada mereka yang bermain The Sims.

“Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa video game action, seperti Halo, bisa mempercepat pengambilan keputusan. Tetapi penelitian baru ini menemukan bahwa game strategi real-time dapat mempromosikan kemampuan kita untuk berpikir dengan cepat dan belajar dari kesalahan masa lalu,” kata peneliti Dr Brian Glass dari Universitas Queen Mary Fakultas Ilmu Kimia dan Biologi, seperti dilansir dari nydaily. (endy)