Berita

Layanan BBM Music bakal Dihapus

JAKARTA, alumniITS.com – Layanan musik milik BlackBerry disiapkan agar bisa bersaing dengan layanan penyedia musik lain seperti iTunes dan Microsoft Music. Namun sayangnya, BlackBerry tidak mampu mempertahankan eksistensi layanan musiknya itu.

Memasuki tahun kedua layanan ini, BlackBerry mengumumkan berita yang cukup mengejutkan. Layanan musik BlackBerry – BBM Music – yang masih berusia dua tahun itu akan ditutup pada bulan Juni mendatang.

Dilansir Cnet, Kamis (4/4), BlackBerry mengumumkan informasi penutupan itu melalui email yang dikirimkan kepada pengguna layanan ini. Layanan tersebut akan ditutup efektif mulai 2 Juni 2013.

Disebutkan pula bahwa bulan April akan menjadi waktu terakhir bagi pelanggan berbayar untuk dikenai biaya penagihan. Hingga bulan Mei mendatang lagu yang ada pada daftar putar akan berubah menjadi warna ‘abu-abu’ dan tidak dapat lagi diakses.

Hingga mendekati waktu penutupan layanannya nanti, pelanggan akan mendapatkan gratis 30 hari mengakses Rdio yang memiliki koleksi lebih dari 18 juta lagu.

Di awal kehadirannya, BBM Music merupakan layanan yang memungkinkan pengguna BlackBerry berbagi musik dengan teman-teman mereka yang ada di kontak BBM. Biaya yang dikenakan per tahunnya adalah $4,99 untuk mengakses lebih dari 50 koleksi lagu.

Sayangnya perusahaan asal Kanada ini tidak memberikan alasan di balik penutupan layanan BBM music. Namun disinyalir persaingan bisnis musik digital yang semakin ketat menjadi alasan BlackBerry menutup ‘paksa’ layanan berbasis musik berbasis cloud ini. (endy)