Berita

Langkah Baru Kembalinya Brand Datsun

YOKOHAMA, alumniITS -  Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan penunjukan TBWA Worldwide sebagai partner agensi global untuk brand Datsun. Maret 2012 lalu, Nissan mengumumkan Datsun akan kembali sebagai produk modern yang dapat diandalkan dan mudah diakses bagi para pelanggan berjiwa muda dan optimis ditengah pasar yang kian berkembang dengan pesat.

“Berdasarkan aspirasi tersebut, dan dilengkapi dengan teknologi modern untuk menjamin pengalaman berkendara yang menyenangkan, mobil-mobil Datsun akan mulai dipasarkan di Indonesia, India dan Rusia pada tahun 2014,” papar  Vincent Cobee, Corporate Vice president and Global Head Datsun Business Unit, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (30/1).

Pemilihan agensi global sebagai partner Datsun menandai langkah penting bagi pengembangan brand seiring dengan waktu yang semakin dekat dengan momen peluncuran rangkaian pertama dari sejumlah model baru persembahan Datsun secara global termasuk di Indonesia.

“Datsun” adalah nama brand Jepang yang diperkenalkan ke seluruh penjuru dunia sejak awal berdirinya Nissan di sepanjang perjalanan perusahaan yang berkembang dengan sedemikian pesat pada tahun 1970-an, kemudian diikuti globalisasi di tahun
1980-an, jelasnya.

Sejumlah pelanggan dari generasi ke generasi terpikat oleh model kontemporer, teknologi mesin modern, daya tahan luar biasa dan keandalan mobil-mobil Datsun. Brand Datsun dihapus pada tahun 1981 dan selanjutnya dinaungi oleh Nissan seiring dengan ekspansi perusahaan secara global.

“Di pasar yang berkembang dengan pesat, perusahaan mengandalkan Datsun untuk kembali menjalin ikatan dengan para pelanggan yang ingin memiliki mobil dengan model atraktif, relatif terjangkau, dan – di atas segalanya – memberikan pengalaman
berkendara yang menyenangkan.” tegas Cobee.

Tak dapat dipungkiri, lanjut dia, pemilihan nama Datsun dilakukan karena brand ini tercantum dalam portfolio kami sebagai rekor salah satu brand yang paling dihargai di sepanjang sejarah industri Otomotif dunia.  “Selain itu, hubungan yang terjalin antara
Datsun masa kini dan Datsun masa lampau sangat otentik,” sambungnya.

Sama halnya dengan keinginan para pelanggan di tahun 1930-an, 40-an dan 50-an untuk memperoleh mobil berkualitas tinggi, bertahan lama, dan dapat diandalkan calon pelanggan di pasar yang sedang berkembang dengan pesat – pilihan yang sangat terbatas – menunjukkan minat tinggi terhadap mobil dengan karakteristik tersebut. Kami yakin bahwa The New Datsun akan memenuhi harapan masyarakat, lanjut Cobee.

Datsun akan memperkenalkan produk pertama dari rangkaian produk barunya pada pertengahan tahun 2013, dan akan mulai dipasarkan di tahun 2014.

TBWA Worldwide akan menggarap tim Datsun berdedikasi tinggi untuk menjalankan kegiatan strategis maupun kreatif dari London. Kantor afiliasinya di Tokyo, TBWA HAKUHODO, juga akan mempersiapkan dukungan operasional bagi tim Datsun di Jepang.

Tom Carroll, President & CEO TBWA Worldwide menambahkan merupakan sebuah penghargaan bagi kami untuk dapat berkolaborasi dengan brand otomotif. Juga merasa terinspirasi ketika kolaborasi tersebut meliputi kembalinya brand yang sebelumnya merupakan sebuah ikon.

Dunia sudah berubah, dan kami sangat bangga dapat terpilih untuk mendukung Datsun dalam partisipasinya di dalam pasar yang menunjukkan perkembangan pesat, seperti Rusia, Indonesia dan India. Kami akan menunjukkan sejarah yang diwariskan Datsun sebagai brand besar di masa lampau dan mempersembahkan makna baru bagi para pelanggan kami di masa depan, tandas Carroll
([email protected])