Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Laba Apple Anjlok, Penjualan Aplikasi iOS Naik

CALIFORNIA, alumniITS.com – Apple, perusahaan raksasa teknologi asal Amerika Serikat mengumumkan laporan keuangan untuk periode triwulan pertama di tahun 2013.

Secara keseluruhan Apple memang dinyatakan mengalami penurunan laba sebesar 18,1 persen bila dibandingkan tahun
sebelumnya. Namun di beberapa sektor, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini mampu menunjukkan progres positif.

Dilansir dari laman App Annie, Rabu (24/04/2013), pertumbuhan aplikasi dan di toko aplikasi milik Apple AppStore mencapai jumlah 850.000 aplikasi dan 350.000 aplikasi khusus iPad. Seluruh aplikasi itu sebanyak 70 persennya telah diunduh oleh pengguna di seluruh dunia.

Bila dikomparasikan dengan pesaing mereka, Google Play Store, di triwulan pertama tahun 2013 ini iOS AppStore masih
memimpin dengan total pendapatan 2,6 kali lipat lebih besar dari pendapatan Google Play Store. Akan tetapi, di tahun ini
margin mereka berkurang cukup drastis.

Pada akhir tahun 2012 lalu, iOS App Store mampu mendapatkan total keuntungan 4 kali lebih besar dibandingkan Google App Store. Artinya, meskipun tetap memimpin, iOS App Store cukup terancam dengan pertumbuhan Google Play Store yang meningkat begitu pesat. Bahkan, saat ini total unduhan di toko aplikasi untuk perangkat Android itu sudah mencapai 90 persen dari total unduhan di iOS App Store.

Salah satu faktor utama dari gejala ini adalah jumlah pendapatan iOS App Store yang lebih ditopang oleh pertumbuhan jumlah pengunduh dari Amerika Serikat. Sedangkan pengunduh Google Play Store saat ini lebih merata di seluruh penjuru dunia. ([email protected])