Berita

Keuntungan Tinggi, PT. Kertas Leces Produksi Kertas Premium

JAKARTA-alumniITS.com :

 

 

PT. Kertas Leces Persero kini memproduksi kertas berkelas premium yang memiliki nilai keuntungan tinggi. Bahkan direncanakan, bulan depan akan mengekspor kertas premium tersebut ke salah satu negara.

 

 

“Kami akan fokus pada produk kertas yang punya marjin tinggi dengan masuk ke kertas yang premium. Sudah dimulai dan tengah dikembangkan. Produk inovatif ini memiliki marjin yang tinggi, serta belum pernah dilakukan oleh perusahaan kertas lain di Tanah Air,” kata Direktur Utama Kertas Leces, Budi Kusmarwoto di Jakarta, Rabu (24/10).

 

 

 

Dikatakan Budi, dalam upaya merealisasikan langkah tersebut, perseroan telah memiliki mesin dengan tingkat kekhususan tersendiri. Lima mesin tersebut mempunyai karakter untuk memproduksi kelas premium tersebut. Selain itu, perseroan juga telah mendapatkan fasilitas kredit dari lembaga keuangan senilai Rp50 miliar. “Kita punya ‘option’ untuk beberapa mesin di mana mesinnya punya karakter yang bisa untuk produksi kertas ini dan memang spesifik,” ujarnya.

Langkah inovasi ini dipilih untuk meningkatkan performa perusahaan sekaligus membuktikan kepada pemegang saham, yakni Kementerian BUMN bahwa Kertas Leces mampu beroperasi tanpa adanya penyertaan modal negara (PMN). Semuanya dilakukan terkait dengan ‘Blue Ocean Marketing Strategy’ Kertas Leces. Sehingga pihaknya tidak merasa perlu ramai-ramai masuk ke produk yang sudah dibuat oleh para kompetitor.

 

“Kertas premium ini memiliki marjin yang sangat signifikan, dibandingkan dengan perusahaan kertas yang memproduksi jenis kertas seperti kertas tulis cetak (HVS, HVO, photo copy). Bulan depan, kami mulai ekpor kertas premium ini ke salah satu negara. Makanya, kami menjauhi pasar-pasar yang sudah dimasuki oleh pabrikan kertas lain,” paparnya bangga.

PT Kertas Leces merupakan salah satu pabrik kertas di Indonesia yang menggunakan bahan baku kertas bekas dan ampas tebu yang merupakan modal PT Kertas Leces menuju “ecolabelling”. Saat ini kapasitas terpasangnya adalah 640 ton per hari yang memproduksi berbagai jenis kertas, antara lain kertas tulis cetak (HVS, HVO, Photo Copy), kertas koran dan kertas industri. (teguh/[email protected])