Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Jim Geovedi, Hacker Indonesia Reputasi Dunia


LONDON, alumniITS.com – Lelaki ini hanya lulus SMA dan menjalani kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Namun, namanya sangat diperhitungkan dalam sistem keamanan jaringan informasi.

Makanya tidak salah menganggap Jim Geovedi adalah orang yang berbahaya. Pada masa ketika nyaris semua informasi dan manusia terkoneksi, dia bisa melongok percakapan surat elektronik atau sekadar mengintip kehidupan pribadi Anda di dunia maya.

Lebih dari itu, dia bisa saja mencuri data penting seperti lalu lintas transaksi bank, laporan keuangan perusahaan atau bahkan mengamati sistem pertahanan negara. “Kalau mau saya bisa mengontrol internet di seluruh Indonesia,“ kata Jim dalam percakapan dengan Deutsche Welle, Kamis (22/8/2013).

Ya, Jim adalah hacker Indonesia dengan reputasi global. Dia sudah hilir mudik Berlin, Amsterdam, Paris, Torino, hingga Krakow untuk menjadi pembicara pertemuan hacker internasional yang sering dibalut dengan nama seminar sistem keamanan. Dalam sebuah pertemuan hacker dunia, Jim bahkan memeragakan cara meretas satelit. Jim bisa mengubah arah gerak atau bahkan menggeser posisi satelit.

Jim Geovedi sejak 2012 pindah ke London dan mendirikan perusahaan jasa sistem keamanan teknologi informasi bersama rekannya. Dia menangani para klien yang membutuhkan jasa pengamanan sistem satelit, perbankan dan telekomunikasi. Dua tahun terakhir, dia mengaku tertarik mengembangkan artificial intelligence komputer.

Tapi Jim Geovedi menolak disebut ahli. Dalam wawancara, Jim lebih suka menganggap dirinya pengamat atau kadang-kadang partisipan aktif dalam seni mengawasi dari tempat yang jauh dan aman.

Jim bukan lulusan sekolah IT ternama. Lulus SMA, Jim menjalani kehidupan jalanan yang keras di Bandar Lampung sebagai seniman grafis. Beruntung seorang pendeta memperkenalkan dia dengan komputer dan internet. Sejak itu, dia belajar secara otodidak dengan menelusuri ruang-ruang chatting para hacker dunia. (endy)