Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Jacking Box Underpass Cibubur Dikerjakan

JAKARTA, alumniITS:
Pembangunan Underpass Cibubur tahap II  mulai melakukan pengerjaan Box Underpass dengan jacking system segmen pertama ke dalam badan jalan tol Jagorawi. Jacking system adalah kegiatan mendorong box tunnel ke dalam tanah dengan sistem hidraulik atau metode jacking untuk mendorong Box tunnel masuk tegak lurus ke dalam tanah pada jalur yang telah direncanakan. 

Proyek Pembangunan Underpass Cibubur sepanjang 1.199 meter, terdiri  93 meter Box Underpass di bawah jalan Tol Jagorawi dan Jalan Akses Masuk dan Keluar sepanjang 1.106 meter, kata  Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto dalam keterangan seperti dilansir laman PU, Rabu (24/10)

Rencana pembangunan dilaksanakan tiga Tahap, dimulai pada 2011 hingga 2013 dengan sumber dana APBN. Paket pekerjaan pada tahun ini , sebagian besar untuk pembangunan Box Underpass dan sebagian jalan akses masuk dan akses keluar Underpass.

Tahun Anggaran 2012, lanjut dia, pekerjaan dinilai cukup penting untuk membangun Box Underpass, dengan jacking system bagi 10 segmen. Pembangunan Underpass Cibubur diharapkan di masa yang akan datang dapat mengurangi kemacetan di sekitar Cibubur terutama di Jalan Trans Yogi (Alternatif Cibubur).

Paket pekerjaan tahun ini berada di wilayah Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jalan Nasional Metropolitan I Jakarta dengan nilai kontrak Rp.47,99 miliar. Kontraktor Pelaksananya ialah PT. Brantas Abipraya (Persero) dan Konsultan Supervisi dilakukan PT. Epadascon Permata.  (endy – [email protected])