Berita

ITS Ditantang Ikut Berpartisipasi Bangun Monorail Jakarta

JAKARTA, alumniITS:
Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menantang sarjana elektronik dan teknologi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, untuk ikut berpartisipasi membangun mega proyek Monorail Jakarta. Mengingat, sejak dalam penggodokan perencanaan pembangunan yang bergabung dari ITB dan Universitas Indonesia (UI).

“Saya meminta para sarjana dari ITS untuk ikut berpartisipasi dalam tiket karcis yang menggunakan elektronik. Nah, ini peluang bagi sarjana elektronik ITS untuk bergabung,” pinta Kiswodarmawan pada paparan di acara Ikatan Alumni (IKA) ITS Business Summit (IBS) 2012 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (24/11/2012).

Hingga kini  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kontruksi ini. sambung dia, tengah menggodok perencanaan pembangunan Monorail Jakarta tahap I sepanjang 54,7 kilometer, dari tiga tahap yang akan dikerjakan.

Juga, tengah merancang stasiun pemberangkatan Monorail Jakarta dari tempat-tempat pemberangkatan di Bekasi dan Bogor. Mengingat Bogor dan Bekasi merupakan daerah yang paling banyak warganya bekerja dan beraktifitas di Jakarta, tandasnya

Dalam proses penggodokan, lanjut dia, sedang dirancang tempat parkir kendaraan roda 4 dan 2 yang cukup luas yang rencananya berada di  Bekasi Timur, Cibubur atau lokasi stasiun pemberangkatan Monorail Jakarta.

Tempat parkir ini bisa menampung kendaraan warga Bogor dan Bekasi agar memanfaatkan monorail menuju Jakarta. Tujuannya untuk menekan angka kemacetan di Ibukota yang semakin parah, ucapnya.

Ditambahkan monorail Jakarta juga dilengkapi fasilitas internet gratis menggunakan sistem wifi. Mengingat, kebutuhan masyarakat terhadap internet sangat tinggi.  “Di setiap kereta ada wifi. Itu memang ide kita, kita membawa model yang lengkap,” ucapnya/

Untuk menyediakan fasilitas tersebut, Adhi Karya akan menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk terkait pengadaan sistem wifi di setiap kereta. Juga merangkul PT LEN, PT INKA, dan Pemprov DKI Jakarta agar proyek ini cepat selesai karena kondisinya sudah sangat mendesak, tambahnya.

Karena itu Monorail Jakarta tahap I ini bisa beroperasi secara resmi di 2015. Tahap I sepanjang 54,7 km itu dari Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang terus hingga Harmoni sampai Palmerah.  “Itu termasuk jalur Rasuna Said (kuningan). Dana Rp 13,9 triliun, itu dana sendiri sama perbankan,” katanya. (endy – [email protected])