Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

iPhone Lebih Rentan Ketimbang Android

SAN FRANCISCO, alumniITS.com – Hasil studi yang mengejutkan dirilis SourceFire. Firma keamanan ini mengungkapkan bahwa perangkat iPhone ternyata lebih rentan terhadap serangan malware ketimbang perangkat smartphone berbasis Android.

Dilansir BGR, menurut studi dari SourceFire tersebut, sebagian besar tipe kerentanan yang ada dalam perangkat smartphone hadir dalam iPhone.

Studi itu juga menemukan 210 macam kerentanan dalam iPhone, atau tepatnya 81% dari seluruh platform sistem operasi mobile. Sementara 19% sisanya tersebar pada perangkat berbasis Android, Windows Phone serta BlackBerry.

Peneliti senior di SourceFire, Yves Younan, mengatakan bahwa hasil temuan dari timnya itu bisa dibilang mengejutkan. Namun ia menambahkan bahwa Apple sangat menyadari akan masalah tersebut. Hal itulah yang membuat Apple kerap merilis fitur pengamanan tambahan dalam update software yang dirilis secara rutin dan berkala.

Younan juga menjelaskan bahwa meski Android memiliki pangsa pasar tertinggi untuk perangkat smartphone secara global, namun iPhone masih tetap menjadi produk terpopuler di kalangan pelanggan.

Hal inilah yang membuat para penjahat cyber lebih tertarik dan tertantang untuk terus mencari celah yang ada di dalam platform iOS. (endy)