Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Inovasi Baru, Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Urine

LAGOS, alumniITS:
Ajang Maker Faire Africa yang dihelat di Lagos, satu tim yang terdiri empat remaja perempuan berhasil membuat generator dengan bahan bakar limbah. Uniknya, limbah yang digunakan untuk menghidupkan generator menggunakan urine atau air seni.

Dikutip dari Psfk, Jumat (9/11/2012), empat remaja perempuan asal Nigeria yang berusia 14 dan 15 tahun bernama Duro-Aina Adebola, Akindele Abiola, Faleke Oluwatotin, dan Bello Eniola membuat generator yang dapat memproduksi listrik enam jam hanya dengan satu liter bahan bakar urine.

Prosesnya, urine dimasukan ke dalam sel elekrolitik guna memisahkan hidrogen kemudian masuk ke filter air untuk pemurnian. Kemudian hidrogen didorong melalui tabung gas silinder ke silinder carian boraks untuk menghilangkan kelembapan dari gas hidrogen guna melalui proses pemurnian lebih lanjut.

Akhirnya, gas didorong ke generator dan menciptakan listrik. Penemuan ini sangat potensial untuk menggantikan sumber bahan bakar fosil yang kian langka. Mereka pun mengkalim metode ini aman dan dapat digunakan dan penerangan dalam skala satu rumah. Tertarik?  (endy – [email protected])