Berita

Indosat Rilis Aplikasi Usaha Wanita


JAKARTA, alumniITS:
Indosat merangkul  Qtel Group, Yayasan Cherie Blair dan Nokia meluncurkan aplikasi Usaha Wanita. Aplikasi yang dapat diunduh di Nokia Life+ itu menyediakan berbagai informasi yang diperlukan oleh jutaan wanita pengusaha di Indonesia. Berbagai topik seperti manajemen bisnis, perbankan dan akses kredit, manajemen konsumen dan pemasan, dan kompetensi pribadi.

“Dengan aplikasi ini, ribuan wanita pengusaha di Indonesia kini dapat mengakses berbagai informasi seputar bisnis secara bebas melalui ponsel mereka,” papar  President Director & CEO Indosat Alexander Rusli, di Jakarta, Kamis (6/12).

Layanan ini dirilis dalam sebuah seremoni spesial dihadiri Sjarifuddin Hasan, Menteri Negara Koperasi dan UKM, Cherie Blair, Qtel Group Chairman H.E. Sheikh Abdulla Mohammed S.A Al-Thani, dan Vice President and Global Head dari Nokia Life Jawahar Kanjilal.

Topik-topik lain yang juga mendukung aplikasi ini termasuk  topik yang mencakup  pengembangan karakteristik, manajemen keuangan hingga manajemen SDM yang memastikan layanan ini memang ditujukan pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari kaum wanita, tambahnya.

Dikatakan, informasi dalam layanan ini dikembangkan oleh Foundation for Social Change (Yayasan untuk Perubahan Sosial). Konten dalam layanan “Usaha Wanita” diberikan secara gratis dan dapat diakses oleh seluruh pelanggan Indosat.

Usaha Wanita dapat diakses via aplikasi web Nokia Life+, yang dapat dijangkau melalui 28 ( tbc)  jenis Nokia Series atau Nokia Asha. Apliaksi Nokia Life+ dapat diakses melalui  Nokia Browser  atau dapat diunduh dari Nokia Store terdekat. Nokia Life+ dapat dinikmati dari platform Nokia’s Xpress Internet, yang dapat membuat aktivitas jelajah web Anda 90% menjadi lebih efisien, yang berarti dapat menghemat biaya penggunaan data Anda.

H.E. Sheikh Abdulla bin Mohammed bin Saud Al-Thani, Qtel Group Chairman, mengaku bangga atas program Indosat terbaru yakni layanan Usaha Wanita yang akan dapat memberikan peningkatan kualitas terkini bagi perkembangan teknologi ponsel.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Cherie Blair untuk Wanita dan Nokia atas kemitraan yang inovatif ini. Layanan Usaha Wanita yang menginspirasi perubahan ini akan membantu meningkatkan pemberdayaan wanita di Indonesia yang merupakan aspek penting bagi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Sebagai sebuah perusahaan,  menyadari dengan mendekati isu pemisahan gender secara digital ini akan membawa dampak sosial dan ekonomi yang positif bagi banyak keluarga dan komunitas, dan kami juga memandang inovasi layanan ini sebagai sesuatu yang amat penting untuk meningkatkan akses dalam rangka mencapai manfaat optimal dari penggunaan ponsel di kalangan wanita, jelasnya.

Layanan Usaha Wanita ini dikembangkan berdasarkan pada hasil dari riset yang dilakukan oleh Yayasan Cherie Blair untuk Wanita dan atas dukungan dari Yayasan ExxonMobil. Riset yang berjudul “Mobile Value Added Services: A Business Growth Opportunity for Women Entrepreneurs” atau “Layanan Ponsel yang Memiliki Nilai Tambah: Sebuah Kesempatan bagi Tumbuhnya Bisnis untuk para Pengusaha Wanita”, dipublikasikan pada bulan Mei 2012.
Riset ini terfokus di Nigeria, Indonesia, dan Mesir dan merupakan bagian dari sebuah kolaborasi antara Yayasan tersebut dan ExxonMobil untuk mengembangkan manfaat dari layanan ponsel yang bernilai bagi para pengusaha wanita, tandasnya.

 Berdasarkan tiga pasar, 98 persen dari aktivitas kewirausahaan dikendalikan oleh para pengusaha skala kecil yang hanya memiliki sedikit karyawan dan modal yang kecil. Hasil tambahan lainnya menunjukkan bahwa 88 persen dari pengusaha wanita menginginkan menggunakan layanan ponsel yang dapat menunjang bisnis mereka, dan 82 persen dari para pengusaha wanita mengatakan bahwa mereka bersedia membayar lebih untuk layanan semacam itu.

Cherie Blair, mengatakan hasil riset  menunjukkan akan pentingnya peluncuran layanan Usaha Wanita ini, dan kami dengan sangat senang hati bekerja sama dengan Indosat dan Nokia dalam proyek ini.

Layanan Usaha Wanita ini semakin meningkatkan komitmen kami terhadap pemberdayaan wanita, dalam rangka mengembangkan dan mengangkat derajat bangsa. Kami sangat antusias melanjutkan kerjasama dengan Qtel Group dalam mengembangkan berbagai layanan dengan topik penting yang berhubungan dengan dunia wanita, tuturnya.

Usaha Wanita merupakan inisiatif terkini dari Indosat yang ditujukan untuk mendukung kebutuhan wanita di seluruh Indonesia sebagai bagian dari komitmen Indosat pada program GSMA mWomen. GSMA adalah asosiasi penjualan teknologi seluler terkemuka di dunia, dan program mWomen mereka bertujuan memperkecil kesenjangan yang bernuansa gender dalam hal penggunaan ponsel di seluruh dunia sebanyak 50% pada tahun 2014.

 Pada Juli tahun 2011, Indosat telah meluncurkan paket khusus bagi para ibu rumah tangga yaitu Paket ‘Hebat Keluarga’ yang memiliki keunggulan tarif yang terjangkau untuk keluarga dan teman serta fitur “Find location” untuk dapat mengetahui lokasi anggota keluarga yang nomornya telah didaftarkan sebelumnya.

Pada bulan Juni tahun 2012, Indosat juga telah meluncurkan layanan ‘Info Wanita’, hasil kerjasama dengan Nokia.  Layanan ini dapat diakses melalui Nokia Life dengan basis SMS , dimana layanan ini berisikan  informasi dan tips yang mencakup topik seputar Kesehatan , Keluarga/ Anak ,Manajemen keuangan, komunikasi hingga ketrampilan. Layanan Info Wanita telah berhasil memenangkan penghargaan Best Consumer Service Innovation Global Telecoms Business Innovation Award 2012.

Nokia Life menyediakan informasi yang bersifat custom dan personal, seperti informasi perihal kesehatan, pendidikan dan pertanian bagi para penggunanya tanpa harus terhubung dengan koneksi data internet. Seperti halnya Nokia Life, program yang baru diluncurkan yaitu aplikasi web Nokia Life+ menawarkan informasi yang bersifat personal seputar kesehatan dan pendidikan bagi para pengguna Nokia yang dapat diakses dengan menggunakan layanan data atau basis GPRS. Lebih dari 80 juta orang saat ini telah merasakan manfaat dari Nokia Life.

Jawahar Kanjilal, Vice President and Global Head Nokia Life, mengatakan Nokia Life diciptakan dengan tujuan untuk mengurangi jurang pemisah terhadap informasi dalam rangka menaikkan taraf ekonomi dan membantu para wanita agar dapat lebih maju dalam hidup mereka.

“Kami sangat antusias dalam mengembangkan layanan Usaha Wanita ini bersama dengan Yayasan Cherie Blair untuk Wanita dan Yayasan untuk Perubahan Sosial. Kami memperkenalkannya sebagai sebuah layanan pada Nokia Life+ yang memungkinkan para wanita pengusa Indonesia untuk dapat memiliki akses informasi yang mudah untuk membantu menyukseskan bisnis mereka.” tambahnya

Dengan dukungan dari ExxonMobil, Layanan Usaha Wanita akan ditambahkan dengan adanya program pelatihan kemampuan finansial dan manajemen bisnis melalui sebuah kerjasama antara Yayasan Cherie Blair untuk Wanita dan Mercy Corps. (endy – [email protected])