Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Indonesia Tak Cocok Gunakan Energi Nuklir

JAKARTA, alumniITS.com – Deputy Country Director ADB Edimon Ginting, menilai Indonesia sulit menggunakan energi nuklir, karena kondisi lingkungan yang kurang memadai. Juga letak Indonesia pada jajaran ‘ring of fire’ membuat Indonesia rawan terkena bencana alam, seperti gempa bumi.

“Saya melihat di Jerman sendiri, risiko gempa berbahaya. Itu membuat sulitnya melakukan di negara seperti Indonesia yang mempunyai potensi gempa tinggi,” kata dia saat ditemui Wartawan di Jakarta, Selasa (9/4).

Edimon mengatakan, bila di Indonesia ada kawasan potensi gempa kecil, maka dimungkinkan Indonesia dapat mengembangkan potensi listrik tenaga nuklir. Dia menilai, Kalimantan merupakan kawasan yang pas, walaupun masih terjadi gempa. “Walaupun mendapatkan kawasan, salah satu opsi ini butuh institusi yang lebih mapan untuk mengolahnya,” tukas dia.

Deputi Bidang Koordinasi Industri dan Perdagangan Menko Perekonomian Edy Putra Irawadi saat ini potensi nuklir di Indonesia tergolong banyak, akan tetapi masih ada pertimbangan lain seperti masalah lingkungan dan security sebelum diputuskan pembangunan energi nuklir. ([email protected])