Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

India Luncurkan Komputer Tablet Termurah Cuma Rp192.000


NEW DELHI, alumniITS:
India meluncurkan sebuah versi terbaru dari komputer tablet termurah di dunia. Tablet PC yang diberinama Aakash 2 itu kini memiliki prosesor lebih cepat dan baterai lebih tangguh.

Perangkat berbasis Android ini sendiri akan dipasarkan dengan harga US$20 atau sekitar Rp192.000. Harga ini sendiri khusus diperuntukan untuk pelajar yang sejak awal menjadi sasaran pemerintah India. Sedangkan harga komersial untuk tablet ini mencapai US$64 atau sekitar Rp 615.000.

Pemerintah India mengatakan akan menjadikan Aakash 2 sebagai alat pendukung pelajar dan mahasiswa. Perusahaan Inggris pembuat Aakash 2, Datawind, mengatakan produk mereka saat ini memiliki prosesor yang tiga kali lebih cepat dari versi awal. Selain itu, Aakash 2 juga memiliki layar lebih besar dan daya tahan baterai yang mencapai tiga jam.

“Kami sangat yakin dengan Aakash 2. Pasalnya, Aakash memiliki perangkat keras yang berbeda. Perubahan pada desain juga sangat terasa,” ujar CEO Datawind, Suneet Singh Tuli di New Delhi, seperti dilansir AFP, Selasa (13/11).

Sementara itu, presiden India Pranab Mukherjee menegaskan, dukungan pemerintah pada produk ini tidak lain demi membantu dunia pendidikan di negaranya.

“Pendidikan bebasis tekonologi sangat penting dalam aspek pendidikan. Ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan dan harus diperkenalkan ke semua intitusi pendidikan,” ujar Presiden Mukherjee. (endy – [email protected])