Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

India Duduki Pasar Smartphone Tiga Besar Dunia


INDIA, alumniITS.com – Adopsi smartphone di India tumbuh empat kali lebih cepat dibanding rata-rata pertumbuhan global. Menurut perusahaan riset Strategy Analytics, India kini menjadi pasar smartphone terbesar ketiga di dunia.

Selama kuartal pertama 2013, penjualan smartphone di India melonjak sebesar 163 persen dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, di China volume penjualan smartphone pada periode yang sama naik 86 persen, 24 persen di Jepang, dan 19 persen di Amerika Serikat. Sedangkan rata-rata penjualan secara global mencapai 39 persen.

Lonjakan penggunaan smartphone di India membuat negara Bollywood tersebut berhasil mendepak Jepang dari posisi ketiga untuk pertama kalinya. Sekarang India tepat berada di belakang AS (peringkat 1) dan China yang berada di tempat kedua.

Apa yang menyebabkan adopsi smartphone di India tumbuh pesat? Berdasarkan data dari Handset Country Share Tracker Strategy Analytics, ini karena pemain utama seperti Apple dan Samsung menggeber ponsel mereka melalui jaringan distribusi yang lebih baik.

Laman Cnet yang dikutip Jumat (28/6/2013) melansir, vendor lokal sebenarnya mendapat manfaat utama dari lonjakan adopsi smartphone tersebut. Pertumbuhan penjualan smartphone di beberapa vendor ponsel di India seperti Micromax, Karbonn, dan Spice naik mencapai 200 hingga 500 persen.

Sementara microvendor seperti Lemon Mobile penjualannya meroket lebih dari 1.000 persen. Kebanyakan para vendor tersebut menjual ponsel berbasis sistem operasi Android. ([email protected])