Berita

Implan Bisa Monitor Jantung via Bluetooth

SWISS, alumniITS – Sekumpulan ilmuwan asal Swiss baru saja menemukan sebuah implan yang bisa memonitor tingkat zat kimia dalam darah. Implan ini terhubung dan memberikan informasi langsung melalui smartphone.

Dilansir dari Techradar, Selasa (26/3) informasi yang dikirimkan melalui implan ini terkoneksi melalui sambungan Bluteooth dan bisa membantu memberi peringatan pada dokter mengenai serangan jantung. Informasi mengenai peningkatan jumlah protein seseorang sebelum terkena serangan jantung juga bisa diketahui dari implan ini.

Alat yang dipasang dalam tubuh pasien ini juga bisa melacak sejumlah senyawa alami dalam tubuh. Selain penderita jantung, pasien diabetes juga bisa memonitor kadar gula dalam tubuh.

Implan berukuran 14 mm didukung dengan teknologi ‘smart patch’ yang merupakan sebuah charger nirkabel induktif yang mentransmisikan 10 miliwatt listrik ke sensor bawah kulit. Patch juga akan menerima informasi dari sensor dan transmitor ke perangkat tablet atau ponsel pintar.

Giovanni de Micheli, sebagai salah satu dari ilmuwan yang menemukan alat ini, mengatakan implan akan memonitor semua hal dan mentransmisi data dan tidak menimbulkan rasa sakit. Peringatan yang masuk ke perangkat pintar berupa ringtone layaknya Anda menerima panggilan telepon atau pesan singkat. (endy)