Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Iklan Mobile Salip Iklan Radio dan Koran

CALIFORNIA, alumniITS:
Menurut studi baru perusahaan riset eMarketer, pendapatan iklan mobile Google di Amerika Serikat (AS) akan mencapai sekira USD4 miliar pada tahun depan. Seiring pertumbuhan iklan Google, bisnis periklanan mobile Facebook yang baru lahir akan
meningkat lebih dari dua kali lipat. 

Dilansir dari Reuters, Selasa (18/12/2012), bisnis iklan mobile yang semakin menjulang, kata eMarketer, dipicu langkah para pemasar yang meningkatkan anggaran iklan untuk menjangkau pengguna smartphone dan tablet.

Perusahaan itu mengatakan, pihaknya memperkirakan secara keseluruhan anggaran iklan mobile AS pada 2012 akan tumbuh 180 persen tahun ke tahun menjadi lebih dari USD4 miliar.
 
eMarketer memproyeksikan, mesin pencari Google akan tetap menjadi pemain top di pasar pada masa mendatang dengan pendapatan mencapai USD6,33 miliar pada 2014. Sedangkan pendapatan iklan mobile Google, akan meningkat sekira 84 persen
pada 2013 mencapai USD3,98 miliar.
 
Iklan mobile Facebook di AS, kata eMarketer, secara total akan tembus USD339,3 juta pada 2012 dan naik menjadi USD851,4 juta pada 2013. Rincian angka dari eMarketer berdasarkan data analisis dari perusahaan riset, bank investasi, serta sumber lain tentang pendapatan iklan, tayangan iklan, dan harga iklan.
 
eMarketer mengatakan kontribusi iklan mobile dalam pasar iklan AS masih kecil dibandingkan iklan televisi. Namun diprediksi belanja iklan mobile akan menyalip belanja iklan di radio dan koran pada 2016. (endy – [email protected])