Berita

Harga Minyak Dunia Kembali Melonjak

NEW YORK, alumniITS – Harga minyak dunia terus menunjukkan tren kenaikan. Harga minyak mentah di Pasar New York naik US$ 30 sen menjadi US$ 97,31 per barel pada perdagangan hari ini. Harga minyak mentah Brent di London naik US$ 12 sen menjadi US$ 118 per barel.

Minyak mentah naik tajam pada awal Januari, kemudian mulai goyah antara US$ 95 dan $ 98 per barel, selama sebulan
terakhir.

Analis Tradition Energy, Addison Armstrong, mengatakan harga minyak meninggi karena investor menggunakan kredit murah dengan suku bunga rendah untuk berinvestasi di pasar komoditas.

“Pengurangan pasokan dari Arab Saudi ikut menurunkan pasokan minyak dunia. Khusus perekonomian AS dan China tampaknya semakin sehat,” ujar dia, seperti dilansir Washington Post, Jumat (15/2).

Harga minyak naik meskipun data ekonomi Eropa menunjukkan pelemahan berkelanjutan. Ekonomi zona euro menyusut 0,6% pada kuartal akhir 2012 dari periode tiga bulan sebelumnya, lebih dari penurunan 0,4% yang diharapkan pasar, menurut Eurostat yakni Kantor Statistik Uni Eropa. Jerman, ekonomi terbesar Eropa, menyusut sebesar 0,6% untuk periode tersebut.

Armstrong tidak mengharapkan harga minyak terus meningkat karena persediaan yang cukup dan permintaan yang datar.”Saya tidak berharap kita kembali ke harga tertinggi yang kita lihat tahun lalu. Fundamental akan menegaskan kembali harga minyak segera,” tutur dia.

Ada beberapa perbedaan pendapat tentang seberapa banyak kebutuhan minyak dunia. Pada Rabu (13/2), Badan Energi
Internasional (IEA) yang berbasis di Paris menurunkan perkiraan konsumsi minyak dunia sebesar 85.000 barel per hari dibandingkan dengan data dari sebulan lalu.

Pada hari Selasa (12/2), OPEC menaikkan proyeksi untuk permintaan global karena melihat tanda-tanda pemulihan dalam
ekonomi global.

IEA berharap dunia menggunakan 90,7 juta barel minyak mentah per hari tahun ini. Jumlah itu lebih 1 juta barel per hari dari perkiraan OPEC dari 89,7 juta barel per hari. ([email protected])