Selasa, Oktober 22, 2019
Berita

Harga Emas Kian Memanas


CHICAGO, alumniITS.com – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB) menyusul menurunnya indeks Institute for Supply Management (ISM) Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (4/7/2013), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik US$ 8,5 menjadi US$ 1.251,9 per ounce. Begitupun harga perak untuk pengiriman September US$ 39,1 sen menjadi US$ 19,7 per ounce.

ISM melaporkan indeks sektor non-manufaktur AS turun menjadi 52,2% pada bulan Juni, lebih buruk dari yang diharapkan. Sementara itu, krisis politik di Mesir, anjloknya pasar saham dan obligasi di Portugal juga mendukung harga emas.

Kenaikan harga emas tertahan sejumlah data ekonomi AS yang menunjukkan perbaikan. Automatic Data Processing melaporkan sektor swasta AS menambahkan 188 ribu pekerjaan pada Juni, kenaikan bulanan terbesar sejak Februari dan lebih tinggi daripada kenaikan 160 ribu pekerjaan swasta yang diprediksi oleh ekonom.

Departemen Tenaga Kerja AS juga menyatakan klaim pengangguran awal turun 5.000 menjadi 343 ribu dalam pekan yang berakhir 29 Juni, atau lebih baik dari ekspektasi.

Lantai perdagangan emas akan ditutup untuk Hari Kemerdekaan AS, yang jatuh pada Kamis, 4 Juli. Perdagangan reguler di divisi Comex akan dibuka kembali Jumat. (endy)