Berita

Google Ajak Pemudik Manfaatkan Google Maps


JAKARTA, alumniITS.com – Google Indonesia mengajak pemudik memanfaatkan Google Maps di ponsel. Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia mengatakan Google Maps di ponsel memudahkan pemudik itu merencanakan perjalananm yang aman dan nyaman.

“Beberapa kemudahan itu misalnya pencarian jalan paling nyaman menuju tempat tujuan,” kata Rudy. “Anda juga bisa mencari informasi-informasi penting mengenai kebutuhan selama perjalanan. Misalnya, SPBU atau ATM terdekat.”

Pemudik juga bisa mencatat semua temuannya selama perjalanan di perangkat digitalnya. “Sehingga saat melakukan perjalanan dengan rute yang sama, Anda dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi,” Rudy menjelaskan seperti dilansir laman tempo.co, Kamis (25/7/2013).

Saat terjebak macet, pengguna Google Maps bisa mencari jalan alternatif. Aplikasi peta online ini menyajikan beberapa pilihan jalan alternatif yang dapat membantu pengguna menghindari kemacetan yang sangat parah saat mudik.

Google Maps menerapkan warna jalur yang berbeda untuk kondisi lalu lintas yang berbeda. Misalnya, jika ada jalur macet atau padat, jalur itu berwarna merah. Kuning untuk kondisi ramai dan padat merayap dan hijau untuk kondisi jalan lancar.

Selain itu, Google Maps memberikan informasi tentang lama perjalanan dari lokasi pengguna menuju tempat tujuan atau kampung halaman. Google Maps bahkan memberikan informasi jarak tempuh berdasarkan alat transportasi yang digunakan. Misalnya berkendara sendiri, berjalan atau transportasi umum. Google Maps juga menyajikan informasi tarif angkutan umum.

Dengan fitur-fitur dan kemudahan yang ada, Rudy berharap pengguna Google Maps dapat terbantu dalam merencanakan perjalanan mudik. (endy)