Berita

Facebook Blokir Layanan Foto Mirip Instagram

JAKARTA, alumniITS – Pengembang aplikasi Vintage Camera menuduh Facebook memblokir akses pengguna untuk bisa mengunggah (upload) foto di jejaring sosial itu. Tentu ini menimbulkan kecurigaan kalau Facebook melarang pengguna untuk upload foto dari layanan lain yang serupa Instagram.

Sejak Instagram menuai kesuksesan, memang banyak aplikasi serupa yang memberikan fitur filter foto hingga bisa menampilkan gambar terbaik. Salah satunya adalah Vintage Camera, aplikasi yang hanya tersedia di perangkat Apple.

Dengan pemblokiran ini, sepertinya Facebook tak mau rugi setelah mengeluarkan kocek sebesar US$ 1 miliar untuk membeli Instagram.

Dilansir dari laman BBC, Facebook memberikan alasan ke pengembang Vintage Camera bahwa pemblokiran dilakukan setelah menerima banyaknya respon negatif dari pengguna. Presselite yang merupakan studio pengembang Vintage Camera pun melakukan protes atas pemblokiran ini. Tapi Facebook tetap bersikeras melakukan pemblokiran.

“Kami telah melakukan pengecekan berbagai situasi dari aturan di aplikasi Anda. Dan kami menemukan bahwa aplikasi Anda menerima banyak respon negatif yang kuat dari pengguna dan teman-teman mereka,” demikian pernyataan Facebook dalam email ke Presselite. “Sayangnya, kami tak akan bisa untuk menghadirkan fungsi aplikasi Anda,” lanjut Facebook.

Tapi salah satu pendiri Presselite, Antoine Morcos, mengaku heran dengan alasan yang diberikan. Sebab, berdasarkan data administrasi yang disediakan Facebook, laporan negatif terkait Vintage Camera hanya ada 1 dari 1000 gambar yang di-share via aplikasi itu. Morcos pun percaya laporan itu terkait foto yang ‘tak sesuai’ (biasanya terkait kekerasan atau pornografi).

“Kami tak mengerti bagaimana Facebook bisa memblokir akses ke jutaan pengguna aplikasi Vintage Camera yang ingin share foto mereka ke Facebook, hanya karena ada sedikit laporan negatif,” tulis Morcos dalam keterangan persnya.

Tentu Morcos curiga kalau alasan pemblokiran disebabkan Facebook takut aplikasi Vintage Camera akan bersaing dengan Instagram yang telah dimilikinya.

“Seperti yang Anda tahu, Facebook telah mengakuisisi aplikasi photo-sharing Instagram, dan kami harap akuisisi ini tidak memengaruhi terbatasnya akses untuk aplikasi foto yang lain,” tulis Morcos.

Saat dikonfirmasi BBC, Facebook mengatakan Presselite telah mendapat peringatan, sebelum dilakukan pemblokiran. Facebook tetap berpendapat bahwa pemblokiran itu sesuai dengan kebijakan mereka.

Sebagai informasi, Vintage Camera bukan tergolong aplikasi kacangan. Aplikasi ini memiliki lebih dari 8 juta pengguna di seluruh dunia. Di Apple Store sendiri, Vintage Camera mendapat rating empat bintang dari lima bintang untuk penilaian rating terbaik. ([email protected])