Berita

ECU Motor Injeksi Pertama Buatan Mahasiswa ITS

JAKARTA, alumniITS -  Mahasiswa Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pun mencoba mengembangkan produk engine control unit (ECU) untuk motor injeksi di Indonesia. Engine control unit (ECU) yang diberinama iquteche tersebut sudah disesuaikan untuk kebutuhan segala jenis motor injeksi di Indonesia. Sebagaimana diketahui ECU iquteche sudah melalui riset dan pengembangan selama dua tahun terakhir.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (16/1/2013), ECU telah memenuhi persyaratan setelah sebelumnya diuji coba pada 2 motor yang dipasarkan di Indonesia.

Hadirnya ECU iquteche diakui untuk mengakomidir pengguna motor tipe injeksi yang hendak modifikator motornya demi mencapai kecepatan maksimal. Menurut para pengembang, pengguna motor injeksi tidak usah bingung motornya tidak bisa kencang karena limiter pada ECU bawaan pabrik.

ECU iquteche tersedia dalam 2 versi, yakni versi harian dan versi balap (road race). Untuk versi harian, saat ini tersedia ECU plug and play untuk motor tipe Yamaha Vixion. Sedangkan versi road race dapat digunakan pada setiap jenis sepeda motor bebek.

Pada versi harian, terdapat setting kapasitas CC mesin kendaraan dan tipe injektor, sehingga memberikan kebebasan pemilik untuk melakukan bore up silinder dan mengganti injektor untuk menambah performa mesin.

Fitur tambahan adalah setting aktivasi kipas pendingin radiator pada temperatur yang diinginkan. Hal ini sangat berguna bagi penggunaan jarak jauh atau touring agar mesin tidak mudah overheat.

Untuk ECU versi balap, yang menarik adalah fitur dual injection, dimana terdapat dua driver injektor untuk mengatur injektor yang terdapat pada sebelum dan sesudah saluran masuk manifold agar daya putaran bawah dan atas menjadi optimal. Teknologi ini akan menjadi yang pertama di balap motor Indonesia.

Dengan adanya ECU iquteche, para pengguna motor injeksi dengan leluasa mengutak-atik sepeda motor dengan leluasa. ECU iquteche karya mahasiswa ini dipasarkan dengan harga promosi Rp 950.000 per unit.

Hasil uji coba

ECU iquteche pada dua tipe sepeda motor (sport dan bebek) menunjukkan secara konsisten performa iquteche berada diatas ECU/ECM standard. Rata-rata terjadi kenaikan 0.5-1 Daya Kuda di setiap putaran mesinnya untuk tipe sport. Sedangkan untuk tipe bebek, sepeda motor tersebut sudah dimodiifikasi kompresinya, iquteche berhasil melayani kebutuhan bahan bakar dan timing pengapian dengan baik.

Hasilnya sepeda motor bebek tipe balap ini berhasil menyemburkan daya maksimal sebesar 13 Daya Kuda (standardnya hanya sekitar 7 daya kuda) dengan putaran mesin maksimal sampai diatas 15.000 rpm. (endy)