Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Diluncurkan Tanda Tangan Digital

JAKARTA, alumniITS.com – Wacom, perusahaan penyedia perangkat teknologi grafis dan dokumen digital, merilis perangkat tanda tangan digital berbentuk tablet, DTU-1031.

Perangkat dengan layar 10,1 inci beresolusi 1280 x 800 ini memiliki footprint yang kecil. Tablet ini juga dilengkapi pena LCD reguler yang memiliki perangkat lunak pendukung tanda tangan digital sehingga diklaim dapat menjadi solusi alur kerja dokumen elektronik perusahaan.

Vertical Market Asia Tenggara Wacom GM Choo menyebutkan DTU-1031 cocok digunakan bagi sektor perbankan, asuransi, hotel dan ritel, khususnya untuk pengisian permohonan aplikasi. Choo mencontohkan perangkat ini dapat dimanfaatkan untuk pengisian aplikasi pemesanan kamar hotel atau akun di pusat olahraga (gym).

Untuk pemerintahan, perangkat ini dapat dimanfaatkan untuk penbubuhan tanda tangan digital saat mengajukan permohonan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Dalam perangkat ini tertanam teknologi Electric Magnetic Resonance (EMR) dan dua teknologi enkripsi. EMR meningkatkan akurasi tanda tangan digital, sedangkan dua teknologi enkripsi membuat dokumen digital perusahaan aman,” ujar Choo.

Dua teknologi enkripsi yang dimaksud yakni Advanced Encryption Standard (AES) 265 Bit dan RSA 2048 Key Exchange. Keduanya diklaim sebagai teknologi enkripsi kemanan bertandar industri. Keduanya menghalangi dokumen digital perusahaan dibajak.

Selain itu, DTU-1031 memiliki integrasi ke sistem pengelolaan dokumen perusahaan yang cukup mudah. Pasalnya, Wacom menyediakan API dan SDK dari perangkat ini. Melalui keduanya, pengembang atau bagian TI perusahaan dapat menyesuaikan perangkat dengan sistem perusahaan.

Choo menambahkan, melalui perangkat ini, perusahaan juga dapat memasang layanan nilai tambah pada aplikasi konsumen. Sebagai contoh, pada aplikasi pemesanan kamar hotel, perusahaan dapat menambahkan iklan mengenai tempat wisata terdekat atau layanan spa. Tak hanya itu, DTU-1031 memungkinkan resepsionis hotel memberi petunjuk arah tempat wisata kepada konsumen dengan pena LCD DTU-1031.

DTU-1031 tidak menggunakan baterai. Selain itu, perangkat ini memiliki empat ExpressKeys yang dapat dikostumisasi. Perusahaan juga dapat menggunakan perangkay ini sebagai monitor eksternal yang menampilkan slideshow dan video. DTU-1031 dijual dengan harga US$749. ([email protected])