Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

Dashboard Mobil Layar Sentuh Dipatenkan

CALIFORNIA, alumniITS.com: Apple tampaknya ingin selalu menjadi yang terdepan dalam hal inovasi teknologi terkini. Selain tengah berjuang mewujudkan produk smartwatch Apple iWatch, kini perusahaan pimpinan Tim Cook tersebut dikabarkan telah mendaftarkan paten teknologi terbaru yang berhubungan dengan dunia otomotif.

Dilansir laman Apple Insider, Selasa (16/7/2013), dokumen paten nomer 8.482.535 yang diterbitkan Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) pada 9 Juli 2013 lalu menyebutkan bahwa Apple berhak atas paten teknologi display touchscreen yang bisa memberi feedback pada pengemudi tanpa mengalihkan pandangannya dari jalan.

Pada dokumen tersebut tertuliskan bahwa paten ini mencakup, “layar sentuh yang bisa diprogram dan antarmuka antara manusia dan mesin untuk meningkatkan instrumen dan telematika kendaraan”.

Dengan kata lain, secara sederhana paten di atas mengarah pada sebuah antarmuka layar sentuh yang menggantikan fungsi kenop, tuas, tombol, dan slider pada dashboard sebuah mobil, misalnya pengontrol AC atau tombol navigasi pemutar musik. Dengan memiliki paten ini, Apple secara sah menjadi produsen yang berhak menggarap produk dashboard mobil layar sentuh di masa mendatang.

Pesatnya perkembangan dunia teknologi saat ini memang tidak menutup kemungkinan cepat atau lambat teknologi layar sentuh dapat diterapkan di berbagai jenis perangkat. Meski begitu, banyak pengamat yang beranggapan teknologi ini masih akan menjadi ‘masa depan’ dan tidak akan menjadi fokus utama Apple hingga lima tahun ke depan. (endy)