Berita

Cara Implementasi Google Authorship

JAKARTA, alumniITS.com – Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2011 lalu, penggunaan mekanisme online copyrightiing ala Google yang disebut dengan Google Authorship semakin populer dikalangan jurnalis online. Di Indonesia sendiri penggunaan Google Authorship ini masih lebih banyak didominasi oleh para bloggers yang mengerti akan teori dan praktik SEO.

Berbagai manfaat implementasi Google Authorship akhirnya ramai diperbincangkan, tidak hanya memproteksi status kepemilikan seorang penulis akan konten yang dibuatnya dari aksi penjiplakan, namun juga membuat konten yang dihasilkannya menempati peringkat yang lebih baik pada halaman hasil pencarian Google (SERP, Search Engine Result Page ).

Prosentase serta CTR (Click-through rate ) traffic yang dihasilkan setelah digunakannya mekanisme Google Authorship diberitakan meningkat cukup signifikan antara 20% – 38%, demikian berdasarkan kesaksian para pengguna Google Authorship.

Cara Menggunakan Google Authorship

Google Authorship bisa segera anda terapkan dengan melakukan 3 (tiga) langkah simple berikut ini :

1. Membuat Google+ Profile

Untuk membuat halaman profile pada Google+, anda bisa menggunakan akun Google yang telah dimiliki sebelumnya, seperti Gmail atau membuat akun yang baru.  Silahkan kunjungi alamat http://plus.google.com, kemudian ikuti langkah-langkah yang diminta dalam proses pendaftarannya. Setelah selesai, upload foto diri anda dalam format yang cukup jelas terutama dari bagian wajah hingga dada.

2. Informasikan Google alamat situs dimana anda memberikan kontribusi

Selanjutnya, isi informasi data diri anda pada tab menu “about” . Pada kotak kontributor masukkan informasi situs dimana anda memberikan kontribusi konten.

3. Menautkan link profile Google+ pada konten

Setelah selesai menautkan situs-situs dimana anda menjadi kontributor didalamnya, maka selanjutnya adalah memastikan pada setiap konten yang anda buat dalam situs-situs tersebut terdapat link yang mengarah pada halaman profile Google+ anda dengan ditambahkan tag ‘rel=author’.

Tag ‘rel=author’ ini akan menginformasi Google bahwa anda adalah kontributor dari konten tersebut.

Contoh :

Url halaman profile google+ :
https://plus.google.com/109604137912770316132
Setelah ditambahkan tag author menjadi :
https://plus.google.com/109604137912770316132?rel=author
Setelah tautan diatas terpasang pada bagian konten, gunakan tool berikut untuk mengecek hasilnya :
http://www.google.com/webmasters/tools/richsnippets