Berita

BUMN Akan Atasi Masalah Infrastruktur


JAKARTA, alumniITS:
Infrasktruktur adalah kendala terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, perusahaan pelat merah akan berupaya keras meminimalisir rintangan tersebut. Target pertumbuhan ekonomi RI sebesar 6,1% sampai 6,6% pada 2013, adalah realistis. Ia pun yakin, BUMN yang menjadi pendamping APBN dalam pembangunan negara, dapat mengatasi masalah infrastruktur.

“BUMN sebagai tangan kiri negara, akan berusaha mengatasi hambatan tersebut,” kata Menteri BUMN Dahlan Iskan di acara Komite Ekonomi Nasional ” Economy Outlook 2013 : Terus Tumbuh Dengan Kekuatan Domestik ” di Jakarta, Senin (10/12/2012).

Menurut Dahlan, BUMN akan menciptakan infrastruktur dengan membangun jalan tol. Selain menambah perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang jalan tol. “Sehingga bukan Jasa Marga saja, tetapi Hutama Karya juga. Dengan begini pembangunan jalan tol akan terlaksana dengan cepat,” katanya.

Pembangunan jalan tol, kata Dahlan, yang mengalami kendala seperti pembebasan tanah, harus segera diselesaikan, dengan cara memberikan harga tanah yang lebih mahal.

“Namun, adanya pembangunan jalan tol seperti Bawen-Solo, Medan-Kualanamo, dan pembangunan double track Jakarta-Surabaya, tidak bisa dinikmati pada 2013. Ini bisa dinikmati pada 2014,” ucapnya.

Dahlan juga mengintruksikan semua proyek perusahaan berpelat merah pada 2013, tidak boleh terhenti karena masalah pertumbuhan ekonomi global. “Ini harus berjalan semuanya walaupun ekonomi Amerika atau eropa lagi tidak baik, tetap harus berjalan karena BUMN tangan kiri negara,” katanya.  (endy – [email protected])