Berita

Besok, Microsoft Rili Internet Explorer 10

WASHINGTON, alumniITS:
Microsoft merencanakan merilis browser terbarunya, yakni Internet Explorer 10. Peluncuran secara resmi rencananya digelar Rabu besok (14/11).  Internet Explorer 10 merupakan peramban terbaru dari raksasa piranti lunak itu yang diklaim lebih cepat 8 persen ketimbang Chrome 20.

Dilansir dari PC World, Selasa (13/11/2012), blog china iFanr mengatakan bahwa pratinjau peramban tersebut akan keluar hari ini, namun tidak mendetilkan soal waktunya. Kabar ini diperolehnya dari Head of IE Marketing Roger Capriotti. Meskipun begitu, Microsoft menolak untuk membenarkan peluncuran tersebut.

Saat ini, IE 10 telah diluncurkan untuk Windows 8 dan Windows RT bersamaan dengan ketersediaan perangkat genggam untuk sistem operasi tersebut pada 26 Oktober lalu.

Peramban ini akan dihadirkan untuk seluruh sistem operasi besutan Microsoft, termasuk Windows 8. Namun, IE 10 tidak dapat digunakan di Windows Vista atau XP.

Serupa dengan IE 10 di Windows 8 dan RT, versi untuk Windows 7 akan hadir dengan fitur Do Not Track (DNT) di dalamnya. IE 10 untuk Windows 7 dan 8 tidak hadir dengan Adobe Flash Player yang telah menyatu dalam peramban.

Menurut  situs lokal China, Weibo, Selasa (13/11) menegaskan Internet Explorer 10 ini masih bersifat beta version. Pihak Microsoft juga tidak menjelaskan secara terperinci kapan versi penuh atau full version dari browser tersebut akan diluncurkan.

Yang menjadi pertanyaan adalah akankah browser satu ini dapat mengalahkan browser lainnya yang kini sudah memiliki banyak pengguna. Di sisi lain, pengguna-pengguna Internet Explorer juga sudah mulai beralih ke browser lain. (endy – [email protected])