Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Bahan Bakar Nabati Hemat Subsidi


JAKARTA, alumniITS – Pemerintah dapat menghemat dana subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga Rp28 triliun jika penggunaan Bahan Bakar Nabati (BBN) sebagai campuran BBM. Mengingat, biaya memproduksi BBN lebih murah dibandingkan dengan biaya produksi BBM jenis premium dan solar.

“Dengan campuran kadar BBN sebanyak 15 persen dalam BBM. Subsidi BBM bisa dikurangi sekitar 40 juta kiloliter dari yang sebelumnya 47 juta kiloliter. Dengan biaya produksi BBN yang sekitar Rp6.000 per liter, jadi bisa menghemat Rp28 triliun,” kata Director of Indonesia Center for Green Economy Darmawan Prasodjo di Jakarta, Selasa (5/3).

Darmawan menjelaskan manfaat lain dari penggunaan BBN yakni sanggup menciptakan lapangan kerja baru serta dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Itu karena masyarakat dapat diberdayakan dalam mengembangkan bahan baku BBN tersebut.

“Dana subsidi BBM yang dihemat itu dapat digunakan sebagai petroleum fund untuk pendanaan dalam melakukan pemetaan cadangan migas di dalam negeri,” ujarnya.

Darmawan menyoroti rumitnya pengembangan energi terbarukan di dalam negeri karena melibatkan 13 kementerian dan lembaga, mulai dari pengelola, perencana, pembuat regulasi, tata niaga hingga budgeting.

“Seharusnya tata kelola energi terbarukan hanya melibatkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan DPR sebagai pembuat kebijakan, badan usaha milik negara khusus sebagai pelaksana operasi, serta petani dan korporasi sebagai pelaksana kegiatan bisnisnya,” jelasnya.

Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Kementerian ESDM menargetkan komposisi campuran BBN sebesar 10 persen untuk konsumsi BBM transportasi pada tahun 2013 ini.

Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengungkapkan konsumsi BBM di sektor industri sudah menggunakan campuran BBN sebanyak 28 persen atau 7 juta kiloliter. Sedangkan konsumsi BBM di sektor pertambangan mineral dan batu bara, sebanyak dua persen BBN menjadi campurannya. ([email protected])