Berita

Apple Gandeng Beats Persembahkan Musik Streaming

LOS ANGELES, alumniITS – Pasar layanan musik streaming sedang naik daun. Apple tampaknya tak ingin membuang kesempatan itu. Produsen iPad dan iPhone tersebut dikabarkan telah mengadakan pertemuan dengan Beats Electronics, produsen headphone yang didirikan oleh produser hip-hop Dr Dre dan Jimmy Iovine.

Dilansir Huffingtonpost, Kamis (7/3/2013), salah seorang sumber terdekat perusahaan mengatakan Apple dan Beats bertemu untuk membicarakan kerjasama layanan musik streaming.

Chief Executive Apple Tim Cook bertemu dengan CEO Beats, Jimmy Iovine, di Los Angeles pada akhir Februari lalu, untuk menggali lebih lanjut tentang layanan musik berlangganan Beats melalui “Proyek Daisy”.

Chief Product Internet Apple, Eddy Cue – salah satu tim inti yang mendirikan iTunes Music Store – kabarnya juga ikut dalam pertemuan itu. Cook disinyalir berminat dengan model bisnis “Daisy”.

Cook dan Iovine membahas berbagai macam topik yang berhubungan dengan musik, kata sumber tersebut. Juru bicara Apple Tom Neumayr dan Beats menolak berkomentar ketika dikonfirmasi.

Beats sendiri dikenal karena headphone-nya yang khas dan bergaya. Beats juga pernah menjalin kerjasama dengan produsen handset Taiwan HTC, yang juga saingan Apple.

Apple tampaknya ingin melengkapi layanan iTunes-nya dengan layanan musik-streaming untuk melengkapi iTunes sehingga menggandeng Beats. Baru-baru ini, sejumlah file yang tampak mencurigakan ditemukan di dalam iPad yang sudah di-jailbreak, yang diberi label “transport radio buy button”. Kabarnya ikon tersebut nantinya dapat digunakan untuk mengakses langsung ‘Project Daisy’ dari iTunes.

Apple sendiri beberapa waktu lalu telah mengakuisisi perusahaan Lala.com yang nyaris bangkrut untuk menawarkan layanan musik streaming. Namun layanan itu dihentikan tanpa diketahui alasannya.

Menurut CEO layanan musik streaming Bloom.fm, saat ini ada 72 layanan streaming yang berlisensi di Inggris namun sebagian besar menawarkan produk yang hampir sama.

Apple bukan satu-satunya perusahaan yang melihat peluang musik streaming. Google juga dikabarkan sedang mempersiapkan layanan musik streaming sendiri di YouTube yang kabarnya akan diluncurkan akhir tahun ini. ([email protected])