Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

Aplikasi Uchek, Tes Urin Via Ponsel

INDIA, alumniITS – Seiring banyaknya ponsel pintar (smartphone) yang beredar, aplikasi smartphone juga banyak bermunculan. Aplikasi smartphone yang satu ini bisa digunakan untuk menganalisis urin.

Aplikasi yang dipamerkan pada konferensi Technology, Education and Design (TED) itu dinamakan Uchek. Ide aplikasi ini datang dari salah satu peserta TED, seorang ilmuwan asal India yang bernama Myshkin Ingawale.

“Saya ingin pemeriksaan kesehatan medis bisa dilakukan sendiri oleh pengguna,” katanya seperti dikutip dari laman BBC, Kamis (28/2).

Uchek diklaim bisa menganalisis 25 masalah kesehatan yang berbeda dan dapat membantu mendiagnosa dan mengobati penyakit di negara berkembang.

Menurut Ingawale, aplikasi ini dapat digunakan untuk menentukan berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes, saluran kemih menginfeksi, kanker, masalah hati serta digunakan untuk memeriksa kesehatan secara umum. Elemen urin yang dapat diuji termasuk glukosa, protein, dan nitrit.

Cara melakukan tes urinnya sama seperti biasanya. Pengguna terlebih dulu mengumpulkan urin mereka, lalu menyelupkan kertas strip ke dalam urin tersebut. Kertas itu lalu diletakkan di atas tatakan lalu difoto dengan kamera ponsel.

Selanjutnya, aplikasi tersebut akan menganalisis warna sesuai kondisi yang berlaku. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi Apple pada akhir Maret dengan harga $ 20, sudah termasuk tatakan dan lima kertas strip celup.

Saat ini aplikasi Uchek baru tersedia untuk iPhone saja, namun versi Android-nya diklaim akan segera hadir.

Menurut GSMA, organisasi dunia yang mewakili industri mobile, layanan kesehatan keliling bisa membantu menyelamatkan satu juta jiwa di Afrika dalam lima tahun ke depan. ([email protected])