Berita

Amerikan Bangun Pabrik Etanol Batubara di Kaltim


JAKARTA, alumniITS – Perusahaan minyak asal Amerika Serikat Celanese berinvestasi senilai US$ 1,5 Miliar di Indonesia dengan membangun pabrik ethanol batubara di Kalimantan Timur (Kaltim).

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Celanese akan bekerja sama dengan PT Pertamina untuk realisasi investasi ini. Pabrik akan mengambil lokasi di Kalimantan Timur. “Rencana realisasi investasi tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Rabu (16/1).

Hidayat menjelaskan studi kelaikan pabrik ethanol ini telah diselesaikan dan bisa memasuki tahap pembangunan tiga bulan ke depan. “Studi sudah beres, mungkin tiga bulan dari sekarang sudah bisa groundbreaking,” katanya.

Celanese adalah sebuah perusahaan kimia berasal dari Dallas, Texas, Amerika Serikat. Perusahaan ini memproduksi zat-zat kimia, serat, obat-obatan dan plastik, seperti termoplas selulosa asetat yang digunakan dalam produksi filter rokok.

Celanese diklaim produser produk asetil terbesar di dunia, termasuk asam asetat, monomer vinil asetat dan poliasetal (POM). Celanese beroperasi di Amerika Utara, Eropa dan Asia, termasuk joint venture di Tiongkok. Pada 2005, Celanese memiliki 9.300 pekerja dan menghasilkan penjualan bersih sebesar USD 6.1 miliar. (endy)