Berita

Aksi Ambil Untung Guncang Bursa AS


NEW YORK, alumniITS – Bursa saham AS melemah pada Jumat (8/2) dini hari tadi karena investor melakukan aksi jual. Indeks telah menguat tajam sejak awal tahun ini.

Indeks Dow Jones melemah 0,3% ke 13.944,05. Untuk indeks S&P lebih rendah 0,2% setelah 1.09,39 yang seiring dengan penurunan saham bahan baku dan energi. Indeks Nasdaq turun 0,1% ke 3.165,13.

Investor menahan langkah untuk menunggu kesempatan membeli saham lagi. “Saya tidak berpikir terlalu banyak pertimbangan tetapi ini masalah strategi perdagangan. Dalam jangka pendek aksi jual datang pada saat sudah tinggi,” kata Scott Wren dari Wells Fargo Advisors seperti mengutip Marketwatch. Pada akhir pekan lalu, Dow Jones menembus level 14.000 sebagai level tertinggi sejak Oktober 2007.

Pasar juga terpengaruh keputusan Bank Sentral Eropa (ECB) yang mempertahankan suku bunga acuan di 0,75%. Langkah ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Walaupun risiko pemulihan masih belum sesuai harapan.

Dari AS terungkap data klaim pengangguran turun ke 366.000 sesuai dengan ekspektasi. Sedangkan produktivitas AS turun 2% pada kuartal keempat. ([email protected])