Berita

Akhir 2012, Harga Saham Infrastruktur BUMN Jadi Top Gainer

JAKARTA, alumniITS:
Saham-saham sektor infrastruktur diprediksi bakal jadi top gainer tahun ini. Inilah target harga saham-saham infrastruktur BUMN hingga akhir 2012.

Pada perdagangan Selasa (30/10/2012) saham PT Wijaya Karya (WIKA) ditutup menguat Rp30 (2,22%) ke posisi Rp1.380; PT Adhi Karya (ADHI) naik Rp60 (4,54%) ke angka Rp1.380; PT Pembangunan Perumahan (PTPP) stagnan di Rp760; dan PT Jasa Marga (JSMR) ditutup naik Rp100 (1,75%) ke posisi Rp5.800.

Ukie Jaya Mahendra, analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) merekomendasikan strong buy untuk semua saham infrastruktur, apalagi saham-saham BUMN.

“Saya sangat yakin, saham-saham tersebut akan mendatangkan top gainer untuk 2012. Karena seiring gencarnya stimulus sektor infrastruktur yang digulirkan pemerintah.” papar Ukie seperti dilansir Inilah.com, Rabu (31/10)

Karena itu, lanjut dia, banyak proyek-proyek besar yang sudah ditanda-tangani untuk masa mendatang. “Nilainya sangat besar mulai dari pembangunan gedung, jalan raya, jalan tol, pelabuhan, dan infrastruktur-infrastruktur lainnya,” ujar dia optimistis.

Semua itu, otomatis akan memberikan return bagi emiten-emiten infrastruktur di masa yang akan datang. “Saya melihat sangat positif untuk saham-saham di sektor infrastruktur,” timpal Ukie menyakinkan.

Untuk saham WIKA,secara spesifik Ukie menjelaskan, jika anak usahanya PT Wika Beton melaksanakan hajatan Penawaran Umum Saham Perdana (IPO), akan jadi katalis penguatan saham WIKA.

Karena itu, hingga akhir tahun Ukie punya target Rp1.700. “Saya rekomendasikan strong buy. Dalam sepekan ke depan, WIKA punya support di Rp1.340 dan resistance Rp1.500,”ucapnya.

Sementara itu, saham ADHI setelah menembus level tertingginya sepanjang sejarah di Rp1.300, hingga akhir tahun akan membentuk rekor lagi di Rp1.500. “Dalam sepekan ke depan, support berada di level Rp1.180 dan resistance Rp1.350 sudah terlampaui. Strong buy!” tutur dia.

Sedangkan PTPP, belum mengalami kenaikan. Saham ini, katanya, punya resistance kuat di Rp800 yang berpeluang ditembus dalam sepekan ke depan dengan support Rp730. Target akhir 2012 di Rp900 per saham. “Strong buy juga untuk PTPP,” ujarnya.

Begitu juga dengan JSMR. Ukie punya target di Rp7.000 di akhir 2012. Tapi, dalam sepekan ke depan, support JSMR berada di Rp5.650 dan resistance Rp6.000 yang berpeluang ditembus ke atas. “Semuanya strong buy,” papar dia.

Sedangkan dari sisi sisi valuasi Price to Earnings Ratio (PER), lanjut dia, semuanya memang masih agak tinggi. Sebab, rata-rata PER-nya berada di atas 20 kali. Tapi, tingginya valuasi itu, lebh dipicu oleh pasar yang masih melihat besarnya peluang pertumbuhan emiten di sektor ini pada masa mendatang dan saat ini berada di era ekspansi.

PER JSMR berada di level 20,9 kali; WIKA 23,4 kali; ADHI 39 kali; dan PTPP 28,15 kali. “Jadi, ini bukan berarti saham-saham tersebut sudah mahal secara valuasi melainkan karena pasar melihat potensi pertumbuhan ke depannya. Karena itu, dengan melihat potensi growth-nya, sangat wajar PER agak tinggi dan harga sahamnya saat ini sebenarnya murah,” sambungnya.  (endy – [email protected])