Berita

Akademis Dituntut Fokus Riset Energi

REYKJAVIK, alumniITS.com – Landsvirkjun, Badan Usaha Milik Negara Eslandia,  menuntut akademisi untuk meningkatkan riset pada energi yang dapat diperbaharui sebanyak 80 persen dalam kurun waktu 5 tahun. Bekerja sama dengan University of Iceland dan Reykjavik University, produsen energi ini meminta untuk diperkenalkannya juga energi yang dapat diperbaharui dalam kurikulum lintas bidang.

Direktur Utama Landsvirkjun Hordur Arnarson menyatakan kerja sama ini langkah baru untuk mempromosikan inovasi dalam energi. “Kami harap kerja sama ini bisa membangun sinergisitas antara perusahaan dan universitas dalam inovasi dan pengembangan energi yang dapat diperbaharui” kata Arnarson dalam penandatanganan nota kesepahaman antara University of Iceland dan Reykjavik University di Reykjavik, Eslandia, kemarin.

Dalam kerja sama dengan dua universitas ternama di Eslandia ini, seperti dilansir laman newsoficeland.com, Landsvirkjun mengharapkan adanya variasi dari proses maupun hasil.

Dengan University of Iceland, Landsvirkjun akan mendukung dan menerapkan pembelajaran serta riset pada geokimia, geologi, teknik mekanik dan industrial. Sedangkan kerja sama dengan Reykjavik University lebih luas, mencakup seluruh bidang yang berhubungan dengan energi yang dapat diperbaharui.

Kedua universitas memang yang ahli dalam bidang energi yang dapat diperbaharui. Sehingga, Landsvirkjun memberikan 40 juta Krona Eslandia atau sekitar Rp 3 Milyar pada masing-masing universitas. Eslandia merupakan negara yang berkonsentrasi pada  energi yang dapat diperbaharui. Lebih dari 81 persen  energi utama di Eslandia berasal dari energi yang dapat diperbaharui.

Pada tahun 2007, energi geotermal menyuplai sebesar 66 persen untuk energi utama, 15 persen berasal dari tenaga air, dan 19 persen dari energi fosil. Dari sini, energi yang dapat diperbaharui ini bisa menghidupkan 100 persen dari produksi elektrik di Eslandia, sekitar 70 persen dari tenaga air dan 30 persen dari geotermal.

Sebagian besar pembangkit listrik tenaga air di Eslandia dimiliki oleh Landsvirkjun (perusahaan milik negara) yang merupakan pemasok listrik terbesar di Eslandia. (endy)