Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

501 Pemkot/Pemkab akan Terkoneksi Serat Optik

JAKARTA, alumniITS.com – PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk menargetkan semua pemerintah kota maupun kabupaten telah terhubung jaringan serat optik miliknya sampai akhir tahun ini. Hingga saat ini pihaknya telah menghubungkan 315 pemkab/pemkot se-Indonesia dengan serat optik dan bandwidth yang sudah terpakai mencapai 51 gigabytes.

“Bukan hanya infrastruktur jaringan optik yang kami sokong kepada pemerintah daerah, tetapi juga dari sisi konten dan pelatihan, apalagi sudah banyak transaksi elektronik seperti PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang melalui pemerintah daerah,” ungkap Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin di Jakarta, Senin (29/4).

Pemerintah Kota/Kabupaten yang hadir dalam penandatanganan MoU tersebut antara lain Walikota Jakarta Selatan, Walikota Jakarta Barat, Walikota Bogor, Walikota Tangerang, Walikota Banda Aceh, Bupati Lampung Timur, Bupati Agam, Walikota Pangkal Pinang, dan Walikota Sukabumi.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan rangkaian cara Digital Society Award (IDSA) 2013. IDSA sendiri merupakan arena daya saing kota dan kabupaten daerah tingkat II otonomi di Indonesia, di mana 99 daerah tingkat II akan ikut berpartisipasi dan bersaing untuk mendapatkan yang terbaik dalam IDSA 2013.

Menurut Awaluddin, penandatanganan MoU tersebut untuk menyukseskan program Indonesia Digital Society di berbagai daerah tingkat II yang kini tengah dijalankan Telkom.

“Telkom telah mengembangkan program yang dapat langsung diimplementasikan oleh pemprov maupun pemkot/pemkab yang dikemas dalam bentuk Indonesia Digital Society (Indiso),” jelas Awaluddin.

Untuk program Indiso ini, Telkom telah bekerja sama dengan beberapa pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten, antara lain Banyuwangi, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Bandung, Semarang, dan menyusul kota lainnya. ([email protected])