Rabu, Oktober 23, 2019
Berita

5 Aplikasi Alternatif Gratis Pengganti Google Reader


JAKARTA, alumniITS – Layanan Google Reader akan ditutup per 1 Juli 2013. Tak sedikit pengguna setianya yang kecewa dengan langkah penutupan itu.

Google pun telah mengimbau pengguna agar segera mengekspor data Google Reader ke layanan RSS feed lain. Untuk sementara ini Google menyediakan layanan bernama “Google Takeout” untuk memudahkan pengguna yang ingin memindahkan data.

Google Reader memang bukan produk terbaik, namun layanan ini diakui cukup nyaman digunakan. Sebuah RSS reader yang ideal seharusnya bisa digunakan pada komputer desktop dan juga perangkat mobile, karena saat ini banyak orang yang membaca lewat perangkat tersebut. Itulah yang Google Reader coba tawarkan.

Menjelang penutupan Google Reader, tentu banyak pengguna yang kebingungan memilih layanan alternatif penggantinya. Berikut ini lima (5) layanan alternatif pengganti Google Reader yang bisa digunakan secara gratis.

1. Feedly (gratis) – untuk iOS | Android | Web

Salah satu fitur unggulan layanan ini adalah dapat disinkronisasikan dengan Google Reader. Jadi sebelum Google Reader ditutup, Anda bisa langsung migrasi ke layanan ini.

Sama seperti Google Reader, melalui layanan ini Anda dapat berlangganan RSS feed dari sebuah kategori website, atau seluruh kategori yang ada pada website hanya dengan sekali klik. Anda juga dapat mencari URL tertentu, nama situs, atau topik tertentu dan kemudian berlangganan seperti yang Anda lakukan dengan Google Reader.

Feedly dilengkapi dengan fitur “Save for Later”, sehingga Anda dapat melihat apa yang Anda baru saja baca. Anda juga dapat membagi berita yang Anda baca melalui Twitter, Facebook, dan Google+. Feedly adalah salah satu RSS reader terbaik yang ada saat ini. Layanan ini tersedia untuk iOS dan Android. Khusus untuk desktop, layanan ini bisa diakses melalui plugin yang terdapat pada browser Firefox atau Chrome.

2. Taptu (gratis) – untuk iOS | Android | Web

Dengan layanan ini, Anda dapat melihat tampilan antarmuka feed berita secara visual. Taptu juga memungkinkan Anda menambahkan feed Twitter dan Facebook. Anda bahkan dapat menyesuaikan feed sesuai keinginan. Taptu juga tersedia untuk perangkat BlackBerry.

3. Pulse News (gratis) – iOS | Android | Web

Pulse News menawarkan layout antarmuka yang intuitif. Situs berita langganan Anda dapat diletakkan secara vertikal sehingga Anda dapat menggesernya ke atas dan ke bawah hingga ke berita terbaru. Atau Anda juga dapat mengaturnya secara horizontal agar bisa membaca lebih banyak berita dari sebuah situs.

Home screen pada layanan Pulse News juga dapat disesuaikan. Anda juga dapat menambahkan feed Facebook Anda jika Anda ingin melihat berita terbaru dari teman-teman Anda.

4. Flipboard (gratis) – untuk iOS | Android

Sebagian pengguna perangkat mobile mungkin sudah familiar dengan Flipboard. Layanan newsreader ini sangat populer, namun sayangnya tidak ada versi desktop atau browsernya. Jika Anda menggunakan perangkat berbasis iOS atau Android, Flipboard adalah pilihan yang sangat tepat karena Anda dapat mengatur info yang ingin Anda lihat, lalu membaca setiap halamannya seperti membaca sebuah majalah.

Layout yang ditawarkan Flipboard sangat intuitif. Anda juga dapat menyesuaikan Flipboard Anda ke dalam beberapa kategori seperti News, Teknologi, Bisnis, dan Hiburan, kemudian menambahkan situs-situs populer ke dalam layanan ini. Kekuatan Flipboard terletak pada layoutnya yang seperti majalah. Anda bisa mengintegrasikan akun jejaring sosial ke Flipboard, seperti Twitter, Facebook maupun LinkedIn.

5. Google Currents (gratis) – untuk iOS | Android

Google Currents diluncurkan secara resmi pada bulan Desember 2011 lalu untuk Android dan iOS. Sayangnya untuk di platform mobile layanan ini masih kalah populer dengan Flipboard. Terlepas dari jumlah penggunanya, Google Currents dapat dijadikan alternatif pengganti Google Reader.

Serupa dengan Flipboard, Google Currents tampil dengan antarmuka bergaya majalah dengan gambar-gambar besar namun memang kurang intuitif. Anda dapat berlangganan ke RSS situs yang Anda suka seperti halnya di Google Reader. Bahkan ada fitur Breaking News. Siapa tahu aplikasi ini semakin populer nantinya setelah ditutup. (endy)