Berita

40% Generasi Y Cemas Jika Tak Ngecek Ponsel


JAKARTA, alumniITS: Smartphone mengubah cara seseorang berkomuninasi. Setidaknya bagi Generasi Y, smartphone adalah alat yang sehari-hari yang tidak boleh jauh dari aktivitas mereka sehari-hari.

Perusahaan teknologi Cisco mencoba meneliti perilaku Generasi Y berusia 18-30 tahun. Dalam laporannya bertajuk Connected World Technology Report (CCWTR) terungkap bahwa Generasi Y ingin tetap online sepanjang waktu.

Sebanyak 9 dari 10 responden menjadikan aktivitas mengecek ponsel sebagai bagian dari ritual pagi mereka sebelum bersiap-siap berangkat sekolah dan bekerja.

Selain itu, 60% Generasi Y sangat kompulsif mengecek smartphone mereka, baik itu untuk mengecek email, SMS atau sekedar update status di social media. Tidak hanya itu, satu dari 10 diantaranya memiliki profil Facebook yang selalu update. Dan yang mengejutkan, mereka juga sering SMS-an sambil mengemudi. Hampir satu dari lima responden mengaku SMS-an saat sedang mengemudi.

Studi ini juga menemukan bahwa hampir 46% responden mengatakan bahwa mereka mengecek SMS, email dan social media saat sedang makan dengan keluarga atau teman.

Lebih dari sepertiga responden juga mengaku menggunakan smartphone di kamar mandi. Sementara itu 40% mereka yang bekerja sebagai profesional IT mengatakan mengecek smartphone setidaknya setiap 10 menit sekali. Dan sepertiga responden mengaku mengecek smartphone mereka setidaknya setiap 30 menit sekali.

Lebih dari 40% responden merasa cemas jika tidak mengecek smartphone mereka. Diantara jumlah tersebut, kaum wanita lebih banyak berinteraksi secara online dibanding kaum pria. Terhitung ada 85% wanita secara kompulsif mengecek ponsel untuk membaca, email atau update social media. Sedangkan pria jumlahnya hanya 63%.

Generasi Y disebut juga dengan generasi millennium. Generasi Y adalah generasi yang tumbuh seiring dengan berkembangnya komunikasi massa dan internet. Mereka yang tergolong Generasi Y adalah yang dilahirkan di awal tahun 1980 hingga awal tahun 2000. (endy – [email protected])