Kamis, Oktober 24, 2019
Berita

35 Universitas Asal Taiwan Kunjungi Kampus ITS

SURABAYA, alumniITS:
Kiprah Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya semakin dikenal saja di mata internasional. Setelah beberapa kali menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri, kini giliran 35 universitas dari Taiwan mengunjungi ITS.
   
Universitas dari Taiwan yang berkunjung ke ITS, Senin (22/10) sebagian besar merupakan universitas yang fokus di bidang sains dan teknologi. Seperti National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan Lunghwa University of Science and Technology. Juga ada universitas yang fokus pada bidang lain seperti kesehatan, seni dan pendidikan.

“Sebelum mengadakan kunjungan ke ITS, mereka mengadakan pameran pendidikan Universitan Taiwan di Surabaya,” ujar Dr Heri Kuswanto MSi, Wakil Ketua International Office (IO) ITS.

Kunjungan ini, lanjut Heri, membuka kerjasama yang baik antara ITS dan universitas-universitas asal Taiwan. Kerjasama yang berpotensi untuk dijalin dengan ITS antara lain Double Degree, Join Degree, Student Exchange serta Staff Exchange.

Meski demikian, kerjasama dengan universitas di Taiwan masih perlu dibicarakan lebih lanjut. Mengingat, tidak semua universitas tersebut sesuai dengan bidang keahlian di ITS. “Kita menargetkan setidaknya ada kerjasama dengan 20 universitas setelah ini,” ujar dosen Jurusan Statistika ini.

Beberapa bidang yang akan menjadi fokus kerjasama adalah bidang kelautan dan pengembangan energi. Pasalnya, banyak universitas asal Taiwan yang mengetahui keunggulan ITS di kedua bidang itu. “Mereka sangat excited, mereka bahkan berjanji untuk segera melakukan pembahasan MoU dengan kita,” jelasnya.

ITS juga mengusulkan agar dibentuk sebuah forum komunikasi antara ITS dan universitas-universitas asal Taiwan. Forum yang akan direalisasikan pada tahun 2013, rencananya akan menjadi wadah kolaborasi antara bagi universitas terkait dan ITS. “Dari sini, bentuk kerjasamanya akan menjadi lebih beragam seperti join reserch dan join publication,” ungkap Heri seperi dilansir lama ITS, Selasa (23/10)   (endy – [email protected])