Berita

29 Pelabuhan Diperbaiki dengan Anggaran Rp117 Triliun

BANDUNG, alumniITS:
Kementerian Perhubungan mengungkapkan dana untuk perbaikan dan pengembangan 29 pelabuhan nasional dianggarkan US$13 miliar atau sekitar Rp117 triliun guna mengatasi masalah dalam sistem logistik di jalur laut.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan mengatakan berdasarkan Masterplain Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) perbaikan itu diprioritaskan untuk 29 pelabuhan dari sekitar 1.324 pelabuhan di Indonesia yang akan diimplementasikan hingga 2025.

“Sekarang [pengembangan] sudah mulai. Mungkin nanti di Surabaya, Belawan [Medan] juga sedang berjalan,” katanya saat ditemui di sela-sela acara Ocean Summit ITB 2012, di Kampus ITB Bandung, Senin (12/11/2012).

Saat menyampaikan keynote speaker dalam Ocean Summit, Wamenhub menjelaskan perbaikan infrastruktur dimulai dari sarana fisik dan dilanjutkan dengan pembenahan soft infrastruktur mencakup sistem pengelolaannya.

Bambang mengakui selama ini persoalan transportasi laut terletak pada masalah infrastruktur pelabuhan dan pengelolaannya serta kapasitas kapal yang berlabuh masih terbatas.

“Artinya kalau pelabuhannya coba kami kembangkan, kapalnya pun harus mengikuti. keduanya akan berinteraksi supaya terjadi suatu sistem pelayaran yang efisien,” tuturnya seperti diunduh dari bisnis.com.(endy – [email protected])