Berita

252 Juta Domain Tersebar di Jagad Maya

CALIFORNIA, alumniITS.com – Laporan baru menyebut, terdapat lebih dari 252 juta Top-Level Domain (TLD) di jagad maya. Verisign mentatat bahwa enam juta domain diantaranya baru lahir selama kuartal empat 2012.

.com pastinya menguasai total nama domain di jagad maya dengan lebih dari 106 juta. Sementara, nama domain dengan akhiran .net berjumlah 15 juta pada akhir Desember. Domain TLD baru yang didaftarkan terhitung delapan juta, naik tipis pada tahun sebelumnya dengan 7,9 juta. Demikian dilansir dari ITP, Selasa (9/4/2013).

Sayangnya, Verisign mengungkapkan bahwa 21,5 persen dari domain berakhiran .com dan .net ternyata mengacu ke satu situs. Sedangkan 15 persen dari total domain baru hanya terdaftar dan belum berfungsi sebagai webpage.

Sementara itu, country code Top-Level Domain (ccTLD) tumbuh lebih dari lima persen per kuartal dan 21,6 persen tiap tahun dengan 110,2 juta nama domain. China, Selandia Baru, India, dan Federasi Rusia berperan dalam meningkatkan pertumbuhan ccTLD.

Secara global TLD di didominasi domain berkahiran .com, .de (Jerman), .net, .tk (Tokelau), .uk (Inggris Raya), .org, .cn (China), .info, .nl (Belanda), dan .ru (Federasi Rusia). Saat ini terdapat 22 generic Top-Level Domain (gTLDs), termasuk .com, .org, dan .net. Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) pada Junia 2011 memperbolehkan menggunakan gTLDs, seperti .pcmag. ([email protected])