Berita

25% Perangkat PC Tak Ditunjang Antivirus

WASHINGTON, alumniITS.com – Laporan terbaru dari Microsoft menguak fakta bahwa 25% perangkat komputer (PC) di dunia ini tidak dilengkapi software antivirus.

Hal itu terungkap saat raksasa teknologi yang bermarkas di Redmond, Washington, AS ini merilis Microsoft Security Intelligence Report (SIR) volume 14, baru-baru ini.

Menurut laporan tersebut, negara yang masuk kategori ‘hotspot’ yaitu Mesir. Disebutkan bahwa di negara yang terkenal dengan piramid itu memiliki jumlah PC tidak terlindungi software antivirus mencapai angka 40%. Sementara itu di AS dilaporkan mencapai 26%, dan Inggris 21%.

Riset Microsoft itu dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari penyedia jasa layanan internet yang meliputi 600 juta komputer di seluruh dunia.

Microsoft SIR juga menyebutkan, PC yang tidak terlindungi rata-rata mengalami serangan malware sebanyak 5,5 kali. Memasuki semester kedua 2012, ada sekitar 2,5 dari 10 komputer di dunia atau 25% PC tidak terlindungi oleh software antivirus yang up-to-date.

Menurut Microsoft, komputer yang tidak terlindungi terutama karena beberapa aspek yang bisa berdiri sendiri maupun kombinasinya.

Aspek penyebab tersebut seperti ketidaktahuan pengguna, berakhirnya masa trial software antivirus, terinfeksi malware, atau karena tertipusoftware antivirus palsu. ([email protected])