Berita

TIM MKC ITS DALAM ESHARK ROK CUP 2019 ROUND 4

Pagelaran balap gokart nasional, EShark ROK Cup 2019, kembali diselenggarakan di Sentul International Karting and Motorcycle Circuit (SIKMC) untuk putaran keempatnya pada 29-30 Juni lalu. Bertajuk EShark ROK Cup Asia Round 4, dihadiri beberapa pembalap karting dari berbagai negara di Asia. Dimana terdapat berbagai kelas sesuai dengan klasifikasi umur maupun jenis mesin yang digunakan yang mana tim Mesin Karting Club ITS termasuk dalam kelas Shifter 150. Pada kelas Shifter 150, seperti biasanya, diikuti oleh tim peserta terbanyak dibandingkan kelas lainnya. Untuk putaran kali ini, didominasi tim mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Pada putaran keempat ini, tim Mesin Karting Club ITS atau yang biasa disebut MKC ITS hadir dengan persiapan yang lebih matang setelah mengevaluasi kejadian-kejadian yang terjadi pada putaran sebelumnya. Terlihat dengan performa tim dan pencapaian laptime gokart yang berkembang pesat tercatat saat dilakukannya latihan di Sirkuit Gokart Sentul.

Dikendarai oleh Ishlah M. Rahman dengan nomor start 64, Gokart dari Tim MKC ITS dapat stabil diposisi 5 kelas Mahasiswa (posisi 9 untuk umum) pada sesi Qualifying, Heat dan Pre-Final dengan waktu satu putaran lap rata-rata 55-56 detik. Pada babak Final, Tim MKC ITS start dari posisi 9 dengan penampilan yang cukup baik. Dalam 2 lap pertama, Gokart Tim MKC ITS sudah menempati posisi 2 kelas mahasiswa (posisi 5 untuk umum). Sempat beberapa kali terjadi overtaking dalam perebutan posisi 2 dengan 3 pembalap lainnya, Ishlah M. Rahman mampu mempertahankan posisinya dengan baik. Namun sayangnya terjadi crash accident dengan pembalap dari perguruan tinggi lain yang memupuskan harapan besar Tim MKC ITS meraih podium untuk pertama kalinya. Walaupun begitu, perjuangan tim patut diacungi jempol, karena masih terbilang baru, tetapi sudah dapat bersaing dalam perebutan podium.

Seluruh kejadian tersebut merupakan bagian dari kompetisi yang tidak boleh kita sesali dan menjadikannya sebuah pembelajaran untuk kesempatan mendatang. Tentunya kami semua berharap dapat menorehkan hasil yang lebih baik lagi di putaran selanjutnya pada 27-28 Juli 2019. Mohon maaf serta terima kasih turut kami sampaikan kepada sponsor dan seluruh pihak, khususnya para alumni Mesin ITS yang telah mensupport baik secara teknikal maupun finansial sehingga kami dapat sampai pada posisi ini.